1001 Tips memilih Tempat Magang Kerja (PKL)

Halo Netizen, Pasti kita sudah pada tahu apa itu magang atau istilah kerennya internship. Magang menjadi salah satu aktivitas lumrah yang dilakukan oleh  para siswa di tingkat SMK atau para mahasiswa di Kampus. Magang pastinya wajib lantaran sebagai syarat kelulusan ataupun bagian dari SKS yang diambil oleh mahasiswa, namun ada pula mahasiswa yang sengaja mengambil magang tambahan untuk mendapat pengalaman kerja.  Jangka waktu magang berkisar 1 bulan hingga 1 tahun tergantung dari sekolah/kampus, namun untuk masalah tempat magang kampus atau sekolah memberi kebebasan kepada mereka untuk memilih sendiri tempat magangnya. Nah, untuk membantu kamu yang bingung harus memilih tempat magang di mana dan seperti apa, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, nih.

Tentukan tujuan magang. Tujuan magang bisa berbeda-beda, misalnya untuk mencari pengalaman kerja sekaligus mencari tempat kerja saat lulus, melakukan penelitian skripsi, atau mencari nilai untuk tugas kampus. Pahami dengan benar tujuanmu karena ini akan membantumu mendapatkan tempat magang yang sesuai dengan kompetensi dasar yang kamu pelajari di sekolah maupun kampus. Namun jangan menjadikan uang sebagai tujuan utama magang. Magang tanpa dibayar bukan berarti tak menguntungkan. Jika kinerjamu bagus, hal tersebut bisa menjadi keuntungan di masa datang, misalnya tawaran kerja. Pilih perusahaan yang berkembang dan prospek untuk kesempatan karier setelah lulus nanti. 

Info Tempat Magang. mengenai perusahaan ataupun instansi yang membuka kesempatan magang, mungkin sebelumnya bisa melihat di sekolah ataupun kampus  yang mempunyai afiliasi. Jika di sekolah belum ada tempat magang yang cocok, kamu dapat mencari dari internet, social media, dosen, kakak angkatan, atau pihak kampus. Jika sudah dapat, akan lebih baik lagi jika kamu mencari tahu company profile tempat magang kamu di internet. Dengan begitu kamu sudah tahu gambaran luas perusahaan tersebut sebelum terjun ke dalamnya.

Inisiatif. Perusahaan yang kamu taksir sebagai tempat magang belum tentu membuka lowongan. Kendati demikian, tak ada salahnya mengirimkan CV atau resume dan lamaran bahwa kamu tertarik bergabung. Perlihatkan inisiatif, passion, dan dedikasi nyata untuk sukses di perusahaan tersebut. 


skill. Kemampuan kepemimpinan, kolaborasi, dan manajemen kerja merupakan beberapa skill esensial yang harus dimiliki setiap anak magang. Buat daftar skill yang ingin dipelajari selama magang. Hal tersebut membantumu menentukan lokasi magang yang tepat. Ketika proses wawancara, tak ada salahnya juga menanyakan pelatihan yang akan didapat selama proses magang. Pengalaman magang di perusahaan yang cukup dikenal kualitasnya akan sangat membantu karier kamu di masa mendatang. Selain itu, juga bisa menjadi refrensi kamu ketika melamar pekerjaan nanti. Jadi, pilihlah dengan cermat.

Komunikasi untuk perluas jaringan. Gunakan masa magang untuk menjalin hubungan dengan banyak orang, tidak hanya pekerja diperusahaan saja namun bisa juga customer dari tempat magang. Pasalnya, teman magang bisa berasal dari berbagai orang penting. Kamu perlu tahu job desc, salary hingga birokrasi di perusahaan tersebut. Jika kamu bersikap cuek, mungkin bisa saja kamu tidak mendapat pengalaman lebih ketika kamu nanti bekerja disuatu instansi. 

Portofolio. Pastikan semua ketentuan dan persyaratan bisa kamu penuhi. latihlah kemampuan kamu sebelum magang

Ketika menerima jawaban. Kalau diterima, lakukan aktifitas magang kamu dengan maksimal supaya apabila setelah lulus kamu mau melamar, mereka sudah mengetahui kualitasmu. Tapi kalau tidak diterima, jangan patah semangat. Cari perusahaan lain karena masih banyak ruang yang membutuhkan kamu  diluar sana, dengan bekal pengalaman yang bagus. 
 
 
Semoga benmanfaat, maaf judulnya agak alay. 
 
sumber: 
http://gemintang.com/kisah-sukses-motivasi-inspirasi/7-cara-memilih-tempat-magang/
https://news.okezone.com/read/2016/04/27/65/1374020/cara-tepat-memilih-tempat-magang

1001 Tips memilih Tempat Magang Kerja (PKL) 1001 Tips memilih Tempat Magang Kerja (PKL) Reviewed by Redaksi on Sabtu, Juli 21, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.