Apa itu DOI Jurnal Ilmiah

DOI atau Digital Object Identifier atau Pengenal Objek Digital (dalam bahasa Indonesia ) adalah tools pengenal permanen yang digunakan pada suatu dokumen elektronik terutama terkait dengan artikel jurnal. Dalam proses akreditas jurnal oleh Kemristekdikti, salah satu poin penilaian adalah Alamat/Identitas Unik Artikel (DOI).

DOI memiliki format yang sederhana, berbentuk string karakter yang terbagi menjadi dua bagian: prefix dan suffix. Keduanya dipisahkan oleh karakter “/”. Bagian prefix menunjukkan sebuah otoritas (lembaga) yang berwenang meng-assign DOI, dan bagian suffix menunjukkan identifier yang diberikan untuk suatu obyek dokumen tertentu.
Contoh sebuah DOI:  10.29407/intensif.v1i1.562. DOI ini mengidentifikasi sebuah makalah dalam Jurnal Ilmiah. 

DOI dikeluarkan oleh sebuah organisasi yang berminat mendaftarkan dokumen-dokumennya ke sistem database DOI. Organisasi, yang dalam terminologi DOI disebut Registrant, dapat mendaftarkan diri ke International DOI Foundation yang mengelola sistem DOI ini, dan begitu terdaftar, sebuah Registrant dapat mengeluarkan DOInya secara independen.

Bagaimana Dikti dapat memanfaatkan DOI dalam proses verifikasi publikasi karya ilmiah?

Sederhana saja. Dikti dapat menggunakan DOI untuk melacak eksistensi sebuah dokumen (karya ilmiah). Dalam usulannya, dosen cukup menuliskan informasi tentang publikasinya, lengkap dengan DOI yang merujuk ke tulisan tersebut. Dosen tidak perlu menunjukkan prosiding/jurnal asli ke tim reviewer.  membuktikan keaslian tulisannya. 

Tim reviewer kemudian dapat melacak tulisan yang ditunjuk oleh DOI tersebut melalui layanan resolusi seperti yang saya jelaskan di atas. Buka situs http://dx.doi.org, lalu masukkan DOI. Cukup seperti itu saja. Tim reviewer mungkin bertanya: bisakah DOI dipercaya? DOI memang tidak ditujukan untuk menjamin apakah sebuah obyek itu bisa dipercaya atau tidak (misalnya, untuk memeriksa keutuhan integritas naskah), tetapi sebagai sebuah sistem, DOI telah distandarkan sebagai ISO 26324. Semua Registrant yang menggunakan DOI harus mematuhi standar ISO ini. Intinya, sistem dan mekanisme DOI dijalankan dalam sebuah lingkungan yang terkendali. Jadi meskipun isi sebuah dokumen bisa saja diragukan, tetapi sistem temu lacaknya dapat dipercaya karena sudah terstandarisasi.

DOI ini bukan hanya bisa dilakukan oleh suatu jurnal tapi bisa juga diberlakukan untuk publikasi lainnya, misalnya Buku, Laporan Penelitian, Bahan Presentasi, Skripsi, Tesis, Disertasi, dan lainnya. Selain itu, DOI dapat juga dimanfaatkan dalam proses review artikel ilmiah untuk penilaian angka kredit suatu dosen.

Dari situs aslinya, dalam membuat DOI (CrossRef), biaya yang diperlukan yaitu $275 / tahun dan $1 per artikel. Misalnya suatu jurnal dalam setahunnya memiliki 3 volume dan setiap volume memiliki 20 artikel berarti jumlah artikel dalam setahun yaitu 60 artikel. Apabila kita mendaftarkan jurnalkan kita dengan DOI maka biaya yang dikeluarkan dalam setahun yaitu $275 + (60 x $1) = $335 (jika kurs dollar US pada hari ini Rp13.000,0 maka biaya setahun sebesar Rp4.355.000,-). Jumlah yang lumayan besar untuk suatu jurnal.

Cara Mendaftar DOI Crossref melalui Relawan Jurnal Indonesia

Membership Crossref seyogyanya dilakukan oleh lembaga , misal LPPM atau Universitas jadi, bukan masing-masing jurnal. Soalnya satu nomor Digital Object Identifier (DOI) Prefik dapat digunakan untuk banyak jurnal/ seluruh jurnal-jurnal dalam lingkup lembaga tersebut. Cara Daftar Membership CrossRef seperti berikut ini:
  1. Buka Situs http://crossref.org/
  2. Top Menu klik For Publisher;
  3. Pilih Request Membership http://www.crossref.org/join_crossref.html;
  4. Diisi formnya;
  5. Tunggu satu hari dapat balasan Email dari Sussan Collin dengan melampirkan PILA Membership Agreement;
  6. PILA Membership Agreement tersebut diisi dan di tandatangani dan di sahkan oleh Pimpinan Lembaga;
  7. Untuk Membership Category diisi yang paling rendah;
  8. PILA Membership Agreement di scan dan dikirimkan kembali ke Susan Collin;
  9. Tunggu 2-3 hari, Susan Collin akan kirimkan Invoice Membership dan nomor rekening;
  10. Bayar melalui Kartu kredit kirim bukti pembayaran via email ke Susan Collin;
  11. Tunggu 1-2 hari lagi, Susan Collin akan kirim Username dan Password untuk masuk ke Crossref.

Apa itu DOI Jurnal Ilmiah Apa itu DOI Jurnal Ilmiah Reviewed by Redaksi on Kamis, Juli 12, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.