Cara Mengetahui Kualitas Kampus Layak CPNS




Seiring dengan mulainya simpang siur berita mengenai pendaftaran cpns banyak sekali masyarakat yang kebingungan mengenai kampusnya layak atau tidak. Isu pendaftaran CPNS juga membuat calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi negeri khususnya swasta juga pilih-pilih untuk mendaftar ke kampus. 

saat ini banyak sekali beredar berita hoax mengenai kampus yang tidak layak lulusannya untuk mengikuti tes CPNS atau bahkan ijazahnya tidak diakui. berikut contohnya broadcast dari sosial media mengenai beredarnya kampus yang tidak diakui:



Berita diatas merupakan berita yang sangat merugikan beberapa kampus swasta khususnya. Berikut ini cara melihat kualitas kampus berdasarkan sumber situs kemenristek dikti:


PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi 


Kita dapat cek kualitas kampus mengenai status aktif kampus tersebut melalui laman https://forlap.ristekdikti.go.id/. Dalam laman tersebut diketahui juga kesehatan kampus mengenai rasio dosen mahasiswa yang tidak boleh lebih dari 1:40 secara umumnya.

Langkah yang perlu dilakukan:
1. kunjungi situs https://forlap.ristekdikti.go.id/, Berikut tampilannya:


2. Lakukan pencarian kampus di halaman https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi , isilah kata kunci contohnya kediri dan masukkan kode pengaman, selanjutnya klik cari perguruan tinggi
3. Berikut ini hasil dari pencariannya.

4. Untuk mengetahui kualitas rasio mahasiswa silahkan klik nama kampus tersebut.

Pastikan Jika memilih kampus harus melihat status kampus dihalaman https://forlap.ristekdikti.go.id/ dan rasio kampus beserta program studinya rata-rata  1:40 , selanjutnya kita cek kualitas akreditasi Program studinya.

DIREKTORI HASIL AKREDITASI PROGRAM STUDI

Pengetahuan Kualitas kampus berikutnya harus kita cek apakah program studi kampus tersebut sudah bagus, standar rata-rata untuk melamar CPNS yaitu terakreditasi B. Berikut halaman untuk mengecek, silahkan mengunjungi  https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.


Langkah untuk mencari, silahkan masukkan kata kunci nama perguruan tinggi berikut contoh pengisiannya.

Nama Perguruan Tinggi: Kediri
Program Studi: Sistem Informasi
Strata: S1
Wilayah : 07 (Wilayah Jawa Timur)
Peringkat: B

Berikut hasilnya

Pastikan Program studi berkualifikasi bagus minimal B dan status akreditasinya masih berlaku. Selanjutnya pertimbangan terakhir khusus bagi calon mahasiswa untuk memilih kampus dari rangking penelitian yang dilakukan oleh kampus tersebut.

Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ministry of Research, Technology, and Higher Education of Republic Of Indonesia)

Laman Berikut ini tidak ada hubungannya bagi calon pendaftar CPNS namun bagi Calon mahasiswa sangatlah bermanfaat. dengan melihat kualitas dan rangking penelitian calon mahasiswa diharapkan mendapatkan kulitas pendidikan yang bagus berdasarkan keaktifan dosen dalam kegiatan penelitian.

langkah yang dilakukan dengan mengunjungi halaman http://sinta2.ristekdikti.go.id/, Berikut tampilan awalnya:



Selanjutnya masuk ke menu affiliations (http://sinta2.ristekdikti.go.id/affiliations ). Kemudian masukkan kata kunci, contohnya kediri, Lihat Tampilan seperti berikut:


Sekian informasi yang bisa saya share, semoga bermanfaat


Cara Mengetahui Kualitas Kampus Layak CPNS Cara Mengetahui Kualitas Kampus Layak CPNS Reviewed by Redaksi on Kamis, Juli 26, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.