Membuat Account Orcid


Open Researcher and Contributor ID atau disingkat sebagai ORCID adalah kode alfanumerik noneksklusif yang dipergunakan untuk pengidentifikasian ilmuwan dan pengarang akademik lainnya. 

“Sebagai peneliti, mahasiswa dan dosen menghadapi tantangan untuk membedakan kegiatan riset( Penelitian) dari kegiatan orang lain dengan nama yang mirip. Anda harus dapat dengan mudah dan unik melampirkan identitas Anda ke objek penelitian seperti kumpulan data, peralatan, artikel, cerita media, kutipan, percobaan, paten, dan notebook. Ketika Anda berkolaborasi lintas disiplin, institusi, dan perbatasan, Anda harus berinteraksi dengan semakin banyak dan keragaman sistem informasi penelitian. Memasukkan data berulang kali dapat memakan waktu, dan sering kali membuat frustrasi.
ORCID adalah usaha yang terbuka, nirlaba, didorong oleh komunitas untuk membuat dan memelihara registri pengenal peneliti yang unik dan metode transparan untuk menghubungkan kegiatan penelitian dan output ke pengidentifikasi ini. ORCID unik dalam kemampuannya untuk menjangkau seluruh disiplin ilmu, sektor penelitian, dan batas-batas nasional. Ini adalah hub yang menghubungkan peneliti dan penelitian melalui penyematan pengidentifikasi ORCID dalam alur kerja utama, seperti pemeliharaan profil penelitian, pengiriman naskah, aplikasi hibah, dan aplikasi paten.

ORCID menyediakan dua fungsi inti: (1) registri untuk mendapatkan pengenal unik dan mengelola catatan aktivitas, dan (2) API yang mendukung komunikasi dan otentikasi sistem-ke-sistem. ORCID membuat kodenya tersedia di bawah lisensi open source, dan akan memposting file data publik tahunan di bawah pengabaian cc0 untuk unduhan gratis.Registry ORCID tersedia secara gratis untuk individu, yang dapat memperoleh pengidentifikasi ORCID, mengelola catatan aktivitas mereka, dan mencari orang lain di Registry. Organisasi dapat menjadi anggota untuk menautkan catatan mereka ke pengidentifikasi ORCID, untuk memperbarui catatan ORCID, untuk menerima pembaruan dari ORCID, dan untuk mendaftarkan karyawan dan siswa mereka untuk pengidentifikasi ORCID.Catatan ORCID menyimpan informasi yang tidak sensitif seperti nama, email, organisasi, dan kegiatan penelitian. ORCID memahami kebutuhan mendasar bagi individu untuk mengontrol bagaimana data mereka dibagikan, dan menyediakan alat untuk mengelola privasi data. Kami mengambil langkah-langkah untuk melindungi informasi Anda, konsisten dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi kami, yang dimaksudkan untuk mematuhi Prinsip-Prinsip Safe Harbor yang dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan A.S. ”

Dari penjelasan (http://orcid.org/content/initiative) dapat diambil kesimpulan bahwa setiap peneliti/ilmuwan/dosen sebaiknya mempunyai Orcid ID. 
Cara mendaftarnya mudah dan masih gratis. Berikut caranya.
1) Kunjungi wibsite Orcid di http://orcid.org



2) Arahkan krusor ke “For Reasecher”. Lalu arahkan krusor ke “Register for an Orcid ID”. Lalu klik.


3) Silahkan isi formulir yang tersedia. Setelah selesai klik tombol “Register”.
4) Ikuti saja petunjuk selanjutnya. Tidak terlalu sulit. Gunakan e-mail resmi institusi Anda
5) Agar proses registrasi lengkap, maka Anda harus verifikasi di e-mail Anda.


6) Selesai. Anda tinggal memasukkan informasi terkait dengan pendidikan, pekerjaan dan aktivitas ilmiah. ID
ORCID adalah https://orcid.org/0000-0003-3412-002X


  7) Disini Anda bisa mengambil artikel Anda dari sumber yang ada di scopus, artikel yang memiliki DOI seperti Crossref. Informasi ini ada di dalam petunjuk orcid tersebut setelah Anda sign in. Jika diperlukan Anda dapat mengedit dan menambah aktivitas Anda. 

Segeralah membuat orcid karena kedepan sinta2.ristekdikti.go.id rumornya akan menggantikan google scholar dengan orcid. Untuk memenuhi publikasi di orcid pastikan artikel ilmiah yang dipublish memiliki DOI.  Semoga bermanfaat



 
Membuat Account Orcid Membuat Account Orcid Reviewed by Redaksi on Selasa, Juli 17, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.