Pengujian Dengan Confusion Matrix




Confusion matrix adalah suatu metode yang biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan akurasi pada konsep data mining atau Sistem Pendukung Keputusan. Pada pengukuran kinerja menggunakan confusion matrix, terdapat 4 (empat) istilah sebagai representasi hasil proses klasifikasi. Keempat istilah tersebut adalah True Positive (TP), True Negative (TN), False Positive (FP) dan False Negative (FN). Nilai True Negative (TN) merupakan jumlah data negatif yang terdeteksi dengan benar, sedangkan False Positive (FP) merupakan data negatif namun terdeteksi sebagai data positif. Sementara itu, True Positive (TP) merupakan data positif yang terdeteksi benar. False Negative (FN) merupakan kebalikan dari True Positive, sehingga data posifit, namun terdeteksi sebagai data negatif.



Presisi adalah data yang diambil berdasarkan informasi yang kurang. Dalam klasifikasi biner, presisi dapat dibuat sama dengan nilai prediksi positif. Berikut ini adalah aturan presisi.

Precision = (TP / (TP + FP)) * 100%
Recall adalah data penghapusan yang berhasil diambil dari data yang relevan dengan kueri. Dalam klasifikasi biner, recall dikenal sebagai sensitivitas. Munculnya data relevan yang diambil adalah menyetujui dengan query dapat dilihat dengan recall. Berikut ini adalah peran recall.

Recall = (TP / (TP + FN)) * 100%
Akurasi adalah persentase dari total data yang diidentifikasi dan dinilai. Berikut ini adalah aturan akurasi.

Akurasi = (TP + TN) / (TP + TN + FP + FN)) * 100%


 
Sumber:
http://www2.cs.uregina.ca/~dbd/cs831/notes/confusion_matrix/confusion_matrix.html
S. Visa, Brian. Ramsay, A. Ralescu, and E.V.D. Knaap, “Confusion matrix-based feature selection,” Midwest Artificial Intelligence and Cognitive Science Conference, vol. 710, April 2011.
E. Prasetyo, Data Mining: Konsep dan Aplikasi menggunakan Matlab, 1 ed. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.
M. Sokolova dan G. Lapalme, “A systematic analysis of performance measures for classification tasks,” Inf. Process. Manag., vol. 45, no. 4, hal. 427–437, 2009.
Pengujian Dengan Confusion Matrix Pengujian Dengan Confusion Matrix Reviewed by Redaksi on Senin, Juli 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.