Pengujian Jaringan Komputer



Pengujian Latency
Latency berhubungan dengan seberapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengirim pesan dari ujung jaringan ke ujung yang lain. Pengukuran Latency ini menggunakan aplikasi Smokeping. Pengukuran dimaksudkan untuk melihat banyak pengaksesan web tersebut. Pengukuran latency dilakukan selama satu hari. 

 Pengujian Benchmark
Teknik pengujian dengan menggunakan suatu nilai standar. Suatu program atau performa pekerjaan yang melakukan perbandingan kemampuan dari berbagai kinerja dari beberapa peralatan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pada produk yang baru. Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan produk-produk perangkat lunak maupun perangkat keras dengan percobaan yang sama. 


Pengujian Bandwidth
Bandwidth adalah perhitungan konsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam satuan bit per detik atau yang biasa disingkat bps yang terjadi antara komputer server dan komputer client dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Pengukuran Bandwidth ini menggunakan aplikasi NTOP. Pengukuran bandwidth dilakukan agar dapat dilihat jumlah data yang ditransfer dalam pengaksesan instance yang diakses oleh user.

Bandwidth Test Menggunakan Mikrotik
Disamping fungsi utama manajemen jaringan, Router Mikrotik juga mempunyai tool yang bisa digunakan untuk mengetahui seberapa besar traffic yang bisa dilewatkan pada sebuah link atau jalur koneksi. Tool yang dimaksud adalah Btest Server dan Bandwidth Test. Bisa diakses pada menu /tool. Mikrotik akan men-generate traffic yang kemudian akan dikirimkan ke perangkat lain melalui sebuah jalur koneksi. Proses ini biasa disebut dengan Bandwidth test. Sebuah proses Bandwidth test terdiri dari Bandwidth test server dan Bandwidth test client. Semua versi RouterOS Mikrotik bisa digunakan sebagai Bandwidth Test server maupun Bandwidth test client. 


Pengujian Jaringan Komputer Pengujian Jaringan Komputer Reviewed by Redaksi on Senin, Juli 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.