Peraturan Baru Akreditasi Program Studi Perguruan tinggi Tahun 2018



Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) meluncurkan Instrumen Akreditasi Progam Studi berbasis outcome (IAPS 4.0) untuk mengembangkan instrumen akreditasi yang relevan dengan pengembangan sektor pendidikan tinggi di Indonesia dan mengikuti perkembangan global.

Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, Patdono Suwignjo menjelaskan, IAPS 4.0 berorientasi pada output dan outcome yang pengukuran mutu lebih dititik beratkan pada aspek proses, output dan outcome, sementara instrumen sebelumnya lebih banyak mengukur aspek input.

"Kami mengapresiasi peningkatan menjadi IAPS 4.0 dalam instrumen akreditasi program studi, dan ekspose tanda tangan elektronik, kita harapkan pada output dan outcome, sekarang kita berubah meningkat pada pengukuran mutu dari pada aspek input," ungkap Patdono Suwignjo saat soft launching IAPS 4.0 dan TT-e di Jakarta, pada Kamis (26/7/2018).

Pengembangan IAPS 4.0 difokuskan untuk modus tatap muka yang terdiri dari 8 varian, yaitu IAPS 4.0 untuk program Diploma, program Sarjana Terapan, program Sarjana, program Profesi, program Magister Terapan, program Magister, program Doktor Terapan, dan program Doktor.

IAPS 4.0 akan mulai efektif diterapkan tanggal 1 Januari 2019 yang usulan akreditasi disampaikan mulai tanggal 1 Januari 2019 sudah harus menggunakan instrumen IAPS 4.0, sementara usulan akreditasi yang diterima sebelum tanggal 1 Januari 2019 masih menggunakan instrumen yang berlaku pada saat ini. Untuk itu, BAN-PT akan menyelenggarakan pelatihan pengguaan IAPS 4.0 mulai bulan Oktober 2018 yang berkerjasama dengan Kopertis (LLDikti), Asosiasi Perguruan Tinggi, dan lainnya.

BAN-PT juga menerbitkan Keputusan tentang Status dan Peringkat Terakreditasi, serta Sertifikasi Akreditasi dalam bentuk dokumen elektronik dengan tanda tangan elektronik (TT-e) Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT. Tanda Tangan Digital adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi, atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan auntentikasi.

Penerapan TT-e dalam rangka mendukung program reformasi birokrasi melalui Smart e-Government dan untuk meningkatkan kualitas layanan publik. TT-e memiliki keamanan yang tinggi karena terjamin keontetikan pemilik informasi dan keutuhan informasinya serta nir-penyangkalan.

Berikut ini lampirannya:
https://drive.google.com/file/d/1pM3KEYiZGpKp3rYcQBSKT3i6np96QMUh/view?usp=sharing

Sumber: 
htttp://ristekdikti.go.id
http://rri.co.id/post/berita/553814/nasional/ban_pt_luncurkan_instrumen_akreditasi_program_studi_tahun_2018_dan_tanda_tangan_elektronik.html
Peraturan Baru Akreditasi Program Studi Perguruan tinggi Tahun 2018 Peraturan Baru Akreditasi Program Studi Perguruan tinggi Tahun 2018 Reviewed by Redaksi on Sabtu, Juli 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.