Persiapan Mendaftarkan ke DOAJ

Setelah  pengelola  jurnal  membangun  aplikasi  pengelolaan  jurnal  secara  elektronik  semacam Open Journal System (OJS), yang harus dilakukan selanjutnya adalah mendaftarkan jurnal elektronik tersebut  ke  mesin-mesin  atau  situs  pengindeks  jurnal  elektronik. Mesin Pengindex jurnal terdiri dari mesin tingkat atas (Thomson  Reuters/Web of Science) dan  Scopus),  sampai  ke  situs pengindeks level menengah salah satunya Directory of Open Access Journals dan mesin tingkat dasar yaitu Google Scholar, dll. Selain  dari  luar  negeri,  ada  pula  situs  pengindeks jurnal  dari  dalam  negeri. 

Pada  tulisan  ini dibahas bagaimana mendaftarkan ke situs pengindeks jurnal Directory of Open Access Journals (DOAJ).   Directory of Open Access Journals (DOAJ)   Situs pengindeks jurnal elektronik ini beralamat di http://www.doaj.org. DOAJ termasuk situs pengindeks jurnal yang pertama kali harus dikejar karena nilai kum yang ditentukan oleh tim PAK sampai 20. A  Ada banyak  kriteria  yang  harus  dipenuhi  oleh  sebuah  jurnal  elektronik,  tetapi  yang  perlu digarisbawahi diantaranya adalah harus menyediakan akses terbuka (open access) bagi pembaca baik abstrak maupun teks penuhnya.

Mendaftarkan jurnal ke DOAJ memerlukan effort lebih untuk menyiapkan syarat-syaratnya. Mengapa demikian? Karena ada sekitar 58 form yang harus diisi dan minimal url-url nya juga perlu isiapkan. Ada beberapa bagian dalam formulir pengisian pengajuan indeksasi ke DOAJ sebagai berikut:
  1. Basic Journal Information
  2. Quality and Transparency of the Editorial Process
  3. How Open is the Journal?
  4. Content Licensing
  5. Copyright and Permissions
  6. The qualifiers for the DOAJ Seal
  7. Contact Name
Adapun hal-hal yang secara umum perlu disiapkan oleh jurnal sebelum mendaftarkan jurnalnya ke indeksasi DOAJ yakni:
  1. Kontak Person
  2. ISSN Print dan ISSN Online
  3. Article Processing Charge
  4. Editorial Board/ Team
  5. Reviewer
  6. Statement Policy Review/ Peer Review
  7. Aims dan Scope Jurnal
  8. Author Guidelines
  9. Screening Plagiarism
  10. Statement Open access Jurnal
  11. Content Lisensi (https://creativecommons.org/)
  12. Statement Copyright and Permissions
Komponen tersebut setidaknya ditampilkan di Top Menu dan atau Sidebar Menu, agar url/link nya dapat disampaikan ketika daftar indeksasi DOAJ.

Sumber: Doaj.org, jurnalindonesia.org, http://ilmukomputer.org
Persiapan Mendaftarkan ke DOAJ Persiapan Mendaftarkan ke DOAJ Reviewed by Redaksi on Minggu, Juli 15, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.