Tahapan Model Sistem Pendukung Keputusan


Pengambilan keputusan secara langsung dipengaruhi oleh beberapa disiplin utama, beberapa perilaku, dan beberapa sifat ilmiah. Pemahaman mengenai beberapa variabel pengambilan keputusan dapat memengaruhi kemampuan individu untuk membuat keputusan dan memberikan dukungan. Pengambilan keputusan adalah proses memilih di antara berbagai tindakan alternatif untuk mencapai tujuan atau sasaran [6]⁠.


Tahapan dalam mengambil keputusan, diantaranya adalah [6]⁠:

Inteligence Phase
Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup permasalahan serta proses pengenalan masalah. Data yang telah diperoleh, diproses dan diuji dalam rangka mengidentifikasi masalah.

Design Phase
Tahap ini merupakan proses pengembangan dan pencarian alternatif tindakan / solusi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan. Tahap ini merupakan representasi kejadian nyata yang disederhanakan, sehingga diperlukan proses validasi dan vertifikasi untuk mengetahui keakuratan model dalam meneliti masalah yang ada.

Choice Phase
Pada tahap ini dilakukan pemilihan terhadap berbagai alternatif solusi yang dimunculkan pada tahap perencanaan agar individu dapat menetukan sebuah pilihan dengan memperhatikan kriteria – kriteria berdasarkan tujuan yang akan dicapai.

Implementation Phase
Pada tahap ini dilakukan penerapan rancangan sistem yang telah dibuat pada tahap perancanagan serta pelaksanaan alternatif tindakan yang telah dipilih pada tahap pemilihan.

Tahapan-tahapan yang telah disebutkan tersebut dapat menjadi faktor yang sangat berpengaruh pada kegiatan pengambilan keputusan guna menyelesaikan suatu permasalahan secara tepat.

Sumber:
E. Turban, J. E. Aronson, and T.-P. Liang, Decision Support Systems and Business Intelligence, 7th ed. New Delhi: Prentice-Hall Inc, 2007.
https://mind42.com/public/ccca6d00-c356-47a7-8714-b042f68d9df7
Tahapan Model Sistem Pendukung Keputusan Tahapan Model Sistem Pendukung Keputusan Reviewed by Redaksi on Senin, Juli 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.