Alternatif Snipping Tool (Screenshot) Windows 7 Starter, Home Basic & Linux



Mengambil tangkapan layar monitor/ Capture/ screenshot sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan tombol keyboard prt sc untuk satu layar penuh atau kombinasi alt + prt sc untuk aplikasi yang aktif. Untuk mengambil gambar tinggal dilakukan paste (ctrl + v) di office, Paint, corel, photoshop atau lainnya. Namun, sejak ada software tambahan pada Microsoft Windows 7 yang dikenal dengan Snipping Tool, screenshot tampaknya kelihatan lebih mudah dan nyaman untuk dikostumisasi karena banyaknya pilihan area mana yang akan diambil tampilannya. Sayangnya, Snipping Tool ini tidak didukung oleh edisi Windows 7 yang lebih rendah dari Home Premium.


Karena itu, bagi pengguna Windows 7 Starter, Home Basic atau yang sudah migrasi ke linux, tidak akan mendapatkan fitur Snipping Tool ini. Sebagai alternatif untuk windows versi yang tidak didukung dapat menggunakan Capture Screenshot lite sebagai software untuk mengambil screenshot. Capture Screenshot lite memiliki fitur dan tampilan yang sama persis dengan Snipping Tool. Seperti Rectangular Snip yang akan mengambil screenshot pada area tertentu pada tampilan layar, Window Snip mengambil screenshot pada jendela yang aktif, dan Full-screen snip yang akan mengambil screenshot pada seluruh tampilan layar.

Silahkan anda download pada link http://www.gutmannsoft.com/en/screenshot/capture-screenshot-lite.php atau bisa menggunakan alternatif lain http://www.freewareweb.com/cgi-bin/archive.cgi?ID=29


Untuk versi Linux dapat menggunakan Shutter, silahkan download di alamat http://shutter-project.org/downloads/




Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

No comments for "Alternatif Snipping Tool (Screenshot) Windows 7 Starter, Home Basic & Linux"