Apa Perbedaan website dan blog ?


Jika kita mencoba mencari jenis-jenis website dalam internet, akan muncul banyak sekali artikel yang sudah membahasnya.Jenis-Jenis Website, Salah Satunya adalah Blog. Jenis-jenis website tersebut sebagian besar dikelompokkan berdasarkan tujuan atau fungsinya.

Perbedaan antara blog dan website cukup membingungkan bagi sebagian besar orang, bahkan orang IT sekalipin termasuk pengajar IT juga, mungkin juga. Sebagian orang merasa bingung antara blog dan website sementara yang lain ada yang belum mengerti tentang keduanya. 

Dalam rangka untuk menghapus pandangan kita tentang blog dan website, kami akan berbagi pengetahuan tentang perbedaan antara Blog dan Website. Sebuah blog dan website memang sama sekali berbeda dalam banyak hal. Anda tidak bisa menganggap keduanya itu satu hal yang sama! Untuk memiliki perspektif yang jelas mengenai keduanya, mari kita lihat perbedaannya di bawah ini.



Segi interaksi
Blog bersifat lebih interaktif, karena memiliki sistem komen dimana pembaca dari blog tersebut dapat berpartisipasi dan berkomunikasi dengan pembaca dengan cara meninggalkan komen pada artikel. Sedangkan di website tidak ada interaktif antara penulis dan pembaca sehingga seringkali website mencantumkan kontak berupa email atau nomor telepon Customer Service yang bisa dihubungi untuk berinteraksi lebih lanjut. Jadi bisa dibilang website adalah one-way communication.

Segi Sifat
website lebih bersifat statis dibanding konten blog yang terus update secara berkala. Website memang umumnya dirancang untuk memberikan informasi mengenai instansi atau perusahaan sehingga pada saat informasi yang ingin disampaikan sudah di-posting maka tidak diperlukan untuk meng-update website tersebut. Kalau Artikel isinya update dengan artikel-artikel yang baru.

Segi Konten  
Blog dan Website menggunakan metode yang berbeda untuk menangani pembacanya. Website umumnya menggunakan bahasa formal untuk menggambarkan isinya sementara blog biasanya menggunakan bahasa yang jauh lebih sederhana dan informal untuk deskripsi kontennya. Konten blog lebih bebas dan tidak terikat harus tentang tema tertentu. Jadi bisa random tanpa harus mengikuti tema tertentu. Blog bisa membahas macam-macam tema. Berbeda dengan website, di website tidak bisa dengan seenaknya posting semaunya dan lebih terikat. Konten yang akan dimunculkan di web seharusnya ada kaitannya dengan informasi atau core business, kalau konten di website tidak jelas fokusnya.

Berikut ini perbandingan berdasarkan pointnya:

 

Sumber:
https://ardydii.wordpress.com/2015/01/29/perbedaan-blog-dan-website/
Apa Perbedaan website dan blog ? Apa Perbedaan website dan blog ? Reviewed by Redaksi on Kamis, Agustus 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.