Cara Akses MySQL dari Komputer Lain


Pada tutorial ini saya ingin menuliskan bagaimana cara membuka akses server Database MySQL/MariaDB tersebut agar dapat diakses dari komputer lain yang satu jaringan maupun yang berbeda jaringan. Pada tutorial ini  Akses komputer tidak dibatasi hanya satu komputer namun pada seluruh komputer. Secara default hanya satu komputer saja yang / lokal yang dapat mengakses demi alasan keamanan. Secara default, MySQL Server hanya akan membuka aksesnya kepada localhost (127.0.0.1) alias komputer dimana aplikasi server database MySQL diinstall. Pada kasus ini ingin membuka hak akses server database MySQL tersebut agar dapat diakses oleh jaringan luas internet/intranet dengan server database MySQL tersebut yang berada di alamat 192.168.50.2.

Sebagai informasi, server yang digunakan 5.5.59-MariaDB-1ubuntu0.14.04.1 (Ubuntu).
 Berikut pesan error yang terlihat apabila kita ingin membangun koneksi ke server MySQL sebelum dibuka aksesnya:


Berdasarkan gambar tersebut terlihat bahwa saya ingin mengakses server database MySQL yang berada pada alamat IP 192.168.50.2, dan hasilnya adalah ditolak. Lalu bagaimana cara membuka aksesnya dari komputer lainnya? Berikut langkah langkahnya:
Silakan masuk ke dalam server MySQL melalui SSH (jika server MySQL yang anda gunakan memakai sistem operasi Linux), jika disini server database mysql saya adalah di alamat 192.168.50.2, setelah berhasil masuk kemudian saya akan membuka file my.cnf dengan perintah:

 sudo nano /etc/mysql/my.cnf

Lalu amati dan ubah bagian:

 bind-address = 127.0.0.1

menjadi

 bind-address = 127.0.0.1
 bind-address = 192.168.50.2

kemudian simpan.  
lalu silakan restart servis server Database MySQL dengan perintah:

 sudo service mysql restart

Setelah itu silakan coba akses server Database MySQL dari dalam localhost terlebih dahulu sebelum dari komputer lain dengan perintah:

 mysql -u root -p

jika berhasil, silakan coba akses dari komputer lain yang beralamat IP 192.168.0.254 sesuai yang tadi dimasukkan ke dalam tabel user di dalam server Database MySQL dengan perintah:
 mysql -h 192.168.0.252 -u root -p

jika berhasil maka anda akan menjumpai prompt console mysql seperti ketika anda login dari localhost server database MySQL seperti gambar di bawah:
Selanjutnya untuk dapat diakses melalui bahasa pemrograman lakukan langkah berikut: 
  • Buka browser dan masuk halaman phpMyadmin

  • Catatan sedikit, jika langsung memilih pengguna, nantinya hak akses yang dibuat akan secara otomatis mengarah ke seluruh database yang ada di komputer A tersebut, tapi jika ingin memeberikan batasan database mana yang akan diakses, sebaiknya pilih databasenya terlebih dahulu seperti gambar di sebelah kiri, lalu pilih pengguna/user. 
  • Setelah tampil halaman pengguna/user pilh tambahkan pengguna/add user.
  • perhatikan gambar dibawah ini, dan isi semua kolom yang ditunjuk anak panah.
  • Untuk kolom nomor 2 pada gambar, tanda % menandakan bahwa semua host/atau komputer yang memiliki user dan password dapat mengaksesnya. Untuk tipe ini  sangat cocok bagi yang menggunakan dynamic IP adress dimana alamat IP selalu berubah-ubah, seperti penggunaan modem. Tapi saya sarankan bagi pengguna Static IP (alamat IP yang tetap) untuk memasukan alamat IP tersebut agar lebih aman dan tidak sembarangan orang bisa masuk.
  • Jika sudah klik Tombol Kirim/go
  • Jika sudah berhasil akan ditampilkan halaman pengguna/user terbaru, dan pastikan pengguna baru yang telah ditambahkan tadi muncul.


Jika sudah berhasil, untuk penggunaan pada aplikasi client pada Komputer B, kita hanya butuh mengubah alamat server pada koneksinya yang biasanya menggunakan server : Localhost, bisa diubah menjadi: server : Komputer-A (sesuai nama komputer A). Cukup itu saja dan koneksi akan sukses.

Semoga bermanfaat.

Cara Akses MySQL dari Komputer Lain Cara Akses MySQL dari Komputer Lain Reviewed by Redaksi on Senin, Agustus 27, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.