Cara Sharing File di VirtualBox Linux - Windows


VirtualBox adalah wadah yang terisolasi, sehingga sistem operasi di VirtualBox tidak memiliki akses ke sistem file komputer. Kita harus menyiapkan folder sharing dalam program seperti VirtualBox untuk sharing file/folder.

Secara default, VirtualBox tidak memiliki akses ke file di komputer host. Jika kita ingin memberikan akses itu, kita harus mengatur folder share di aplikasi VirtualBox. Untuk membantu sistem operasi di dalam VirtualBox dalap saling berhubungan dengan komputer kita, aplikasi VirtualBox menyajikan folder bersama ini sebagai file jaringan yang dibagikan. Sistem operasi di virtualbox mengakses folder di PC Anda seperti halnya folder bersama di jaringan.

Berikut ini cara membuat share folder diaplikasi VirtualBox:

Fitur Shared Folder VirtualBox berfungsi dengan sistem operasi Windows dan Linux. Untuk menggunakan fitur ini, kita harus terlebih dahulu menginstal VirtualBox's Guest Additions di mesin virtual.

Dengan menjalankan mesin virtual, klik menu "Devices" dan pilih opsi "Insert Guest Additions CD image". Ini memasukkan CD virtual yang dapat kita gunakan dalam sistem operasi untuk menginstal Guest Additions. Lakukan installasi sesuai dengan arsitektur sistem operasinya x86 atau 64.


Setelah Guest Additions diinstal, buka menu "Machine" dan klik opsi "Settings".


Di jendela "Settings", alihkan ke tab "Shared Folders". Di sini kita dapat melihat folder share apa pun yang telah dipersiapkan. Ada dua jenis folder bersama. Folder Mesin adalah folder permanen yang dibagikan hingga Anda menghapusnya. Folder sementara bersifat sementara dan secara otomatis dihapus ketika Anda me-restart atau mematikan mesin virtual.

Klik tombol "add" (folder dengan plus di atasnya) untuk membuat folder bersama baru.

 
 Di jendela “Add Share”, Anda dapat menentukan yang berikut:
  1. Folder Path: lokasi folder share pada sistem operasi host (PC asli).
  2. Folder Name: Nama drive folder share di VirtualBox
  3. Read-only: Secara default, mesin virtual memiliki akses baca-tulis penuh ke folder bersama. Aktifkan kotak centang "Read-only" jika Anda ingin mesin virtual hanya dapat membaca file dari folder share, tetapi tidak mengubahnya.
  4. Auto-mount: Opsi ini membuat sistem operasi divirtualBox secara otomatis me-mount folder ketika boot.
  5. Make Permanent: Opsi ini menjadikan folder share Folder Mesin. Jika kita tidak memilih opsi ini, folder sementara yang dihapus dengan restart mesin virtual.
Buat semua pilihan Anda dan kemudian tekan tombol "OK".


Sekarang Kita cek folder share muncul diVirtualBox. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, buka File Explorer, pilih "Network", dan kemudian lihat di bawah komputer "VBOXSRV".



Semoga bermanfaat.

sumber: https://www.howtogeek.com/189974/how-to-share-your-computers-files-with-a-virtual-machine/

Cara Sharing File di VirtualBox Linux - Windows Cara Sharing File di VirtualBox Linux - Windows Reviewed by Redaksi on Rabu, Agustus 01, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.