Membuat Form Review Jurnal OJS 3


Dalam proses review naskah, diperlukan adanya formulir review(review form). Formulir review ini  akan  digunakan  oleh  mitra  bestari  atau revieweruntuk  menuliskan  masukan-masukan atau karya pikir atas naskah yang dia telaah.Tutorial ini menjelaskan cara membuat formulir reviewpada aplikasi Open Journal Systems(OJS)versi 3.

Ikutilah langkah-langkah di bawah ini:
1.Lakukan loginsebagai manager pada OJS Anda

2.Klik menu Setting > Workflow.

3. Lanjutkan dengan memilih tab Review. Pada bagian Review Forms klik pada menu Create Review Form.


4. Akan tampil kotak Create Review Form. Pada bagian Title isikan nama formulir yang Anda buat. Pada bagian Description and Instructionsisikan penjelasan dan arahan dalam mengisi formulir. Lanjutkan dengan mengklik tombol Save.


5. Anda akan kembali ke halaman sebelumnya, akan tampil daftar formulir review yang telah Anda buat. Klik pada tanda ► yang ada di samping formulir yang Anda buat, kemudian klik tombol Edit.


6. Akan tampil kotak Edit. Klik tab Form Items. Sekarang Anda siap melengkapi item-item untuk formulir review. Klik menu Create New Item.


7. Akan tampil kotak Create New Item.


8. Pada bagian Item, tuliskan nama item yang akan diisi oleh reviewer. Misalnya “Write your comment about title and abstract of manuscript. ”, karena nantinya akan meminta masukan reviewer terkait judul dan abstrak naskah. Sesuaikan dengan kebutuhan jurnal Anda.
9. Beri tanda cek pada opsi Reviewer required to complete item , artinya reviewer nanti harus mengisi isian ini.
10. Beritanda cek pada opsi Included in message to author , artinya pesan ini akan dikirimkan ke penulis.
11. Pada Choose item type, ada beberapa pilihan, dalam hal ini pilihlah Extended text box, sehingga reviewer dapat mengetikkan masukan dalam bentuk tulisan yang panjang bisa dalam beberapa baris, bukan kata tunggal (Single word) dan bukan kalimat satu baris (Single line).
12. Bila diperlukan, Anda bisa memilih tipe Checkboxes, sehingga reviewer bisa memilih satu atau lebih opsi yang disediakan.
13. Bila diperlukan juga, Anda bisa memilih tipe Radio buttons, sehingga reviewer hanya bisa memilih satu opsi dari beberapa opsi ya ng disediakan.
14. Bila diperlukan juga, Anda bisa memilih tipe Drop - down box, sehingga reviewer hanya bisa memilih satu opsi dari beberapa opsi yang disediakan.
15. Opsi - opsi pilihan dapat dibuat dengan mengklik menu Add Item pada bagian Response Options.
16. Klik tombol Save. Anda akan kembali ke bagian Form Items. Ulangi prosesnya dengan mengklik Create New Item untuk membuat item yang lain sampai formulir review Anda lengkap. Gambar di bawah adalah formulir review yang penulis buat


17. Untuk melihat pratayang formulir, klik menu Preview Form.


18. Proses pembuatan item selesai dengan mengklik tab Review Form dan klik tombol Save. Anda akan kembali ke daftar formulir review yang telah dibuat.

19. Klik pada ► kemudian klik menu Copy untuk menggandakan formulir yang telah Anda buat. Penggandaan ini bermanfaat bila nanti Anda perlu membuat formulir yang baru dengan beberapa modifikasi dari yang lama.
20.Untuk mengaktifkan formulir yang telah Anda buat ini beri tanda cek pada kotak Active di samping nama formulir.


21.Akan tampil kotak dialog. Klik tombol OK untuk mengaktifkannya.




22.Sekarang formulir review telah siap digunakan dalam proses review naskah.
23.Pada sisi editor, bila editor meng-assign reviewer, maka editor dapat memilih formulir review yang telah Anda buat tersebut.


24. Berikut ini tampilan dihalaman reviewer


Demikian penjelasan cara membuat review form pada OJS versi 3. Semoga Bermanfaat.

Sumber: http://ilmukomputer.org/2018/06/01/membuat-review-form-di-ojs-3/

Membuat Form Review Jurnal OJS 3 Membuat Form Review Jurnal OJS 3 Reviewed by Redaksi on Rabu, Agustus 29, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.