Membuat website anti copy artikel


Sempat saya berpetualang ke beberapa artikel blog yang berbicara mengenai topik yang setidaknya hampir sama; yaitu tentang script anti right-click, anti copy (ctrl+C), anti text-selection, dan anti dragging (biasa digunakan untuk copy gambar dengan cara dragging/menggeser). Sayangnya, sebagian besar menyebutnya sebagai script anti copas. Padahal, secara logika, script-script tersebut fungsinya hanya untuk "mematikan" sebagian fitur browser saja, bukan untuk menghindarkan dari tindakan copy paste. Fungsinya hanya mengurangi kemungkinan/peluang teks atau gambar dicopas, namun sama sekali TIDAK BISA menghindarkan tindakan copas. Maksudnya? Tukang copas sekarang pada pinter, booo! Jika mereka tidak bisa copy langsung dari halaman web karena dihalangi beberapa script, biasanya mereka akan membuka page source (firefox) atau view-source (chrome), kemudian mengcopy text, bahkan code javascript, HTML, atau CSS yang mereka inginkan. Jadi kesimpulannya, nonsense kalo ada script yang berfungsi sebagai anti copas.

Topik yang saya bicarakan pada artikel ini sama sekali tidak berkaitan dengan script di atas. Melainkan mengenai memberi tanda tertentu pada sebagian teks atau artikel yang dicopy paste. Mungkin sebagian besar dari anda sudah menggunakan script ini, dan sebagian menggunakan script yang hampir sama namun melalui layanan sebuah website, tynt.com. Ada beberapa proses yang mesti dilewati untuk menggunakan tynt.com. Bahkan ketika menggunakan scriptnya di blog, ada beberapa proses muat terlebih dahulu (tynt akan merekam terlebih dahulu url halaman yang dicopy, menyimpannya dalam database, dst...). Padahal kebanyakan yang dicari hanya satu fiturnya saja, yaitu menampilkan url sumber pada teks yang dicopas.

Nah, karena yang disebut sebagai script anti copas sebenarnya tidak ada, menggunakan script url source adalah salah satu cara lain untuk menunjukkan bahwa suatu text/artikel memiliki sumber utama. Minimal anda dapat memberikan notifikasi pada si copaser bahwa artikel/teks yang dicopy wajib dicantumi sumber (meskipun si copaser mungkin saja menghapusnya, tahu lah saya isi otak tukang copas). Setidaknya ini merupakan upaya. Dan tidak ada salahnya berupaya, bukan? Copas selamanya tetap ada, dan copaser akan tetap berupaya bagaimanapun caranya untuk mendapatkan yang dia inginkan. Ibaratkan copas sebagai sebuah kejahatan, maka seorang penjahat akan menghalalkan segala cara dan melakukan apapun yang mungkin untuk mendapatkan yang diinginkan. Jika yang anda inginkan adalah menindak dan menghapus artikel yang dicopas dan dimuat di blog lain, caranya adalah dengan mengontak blog tersebut. Jika dirasa tidak mempan, maka harus ditempuh cara legal, minimal dengan menggunakan DMCA Notice. Selain itu, tidak ada cara lain lagi.

Kembali ke laptop. Karena penggunaan script url source melalui tynt.com harus menempuh beberapa proses tetek bengek, dan juga berpengaruh pada loading blog, maka saya menawarkan penggunaan script langsung yang dapat anda tanam di bagian body. Script ini awalnya terdiri dari dua jenis, PHP dan Javascript, dan biasa saya gunakan pada website berplatform WordPress. Dengan sedikit modifikasi dan memurnikan ke dalam javascript, script ini dapat digunakan pada Blogger. Mungkin anda pernah menemui script sejenis. Jika belum, dan tertarik, silahkan gunakan saja :)

<script type='text/javascript'>
function addLink(){var a=document.getElementsByTagName("body")[0];var b;b=window.getSelection();var c="<br/><br/> Sumber: <a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a><br/>Konten adalah milik dan hak cipta kuliahkomputer.com";var d=b+c;var e=document.createElement("div");e.style.position="absolute";e.style.left="-99999px";a.appendChild(e);e.innerHTML=d;b.selectAllChildren(e);window.setTimeout(function(){a.removeChild(e)},0)}document.oncopy=addLink
</script>

a. Copy script di atas
b. Ganti teks pada bagian script yang berwarna merah sesuai dengan keinginan anda
c. Buka dashboard > template > Edit HTML
d. Letakkan di bagian body (antara <body> dan </body>). Agar tidak mengganggu kinerja script lain dan dimuat belakangan, letakkan tepat di atas </body> saja. Tag tersebut ada di bagian paling bontot alias paling bawah sebelum tag penutup </html>, jadi langsung scroooooooolll aja, bablaaaassss ke bawah.
e. Save template and done.

Contoh hasil teks yang dicopy dan dipaste di media lain (Facebook status editor):
Note: Script ini akan bekerja pada berbagai jenis teks dan di manapun letaknya, jadi mungkin akan sangat mengganggu user apabila artikel di blog anda memuat script yang dibagi dan bebas dicopy. Jadi perlu diperhatikan betul penggunaannya.
Membuat website anti copy artikel Membuat website anti copy artikel Reviewed by Redaksi on Rabu, Agustus 29, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.