Istilah dasar dalam dunia blog


Internet merupakan hamparan luas dunia maya yang fungsinya tidak hanya dipakai untuk mencari informasi, sosmed atau hanya bersenang-senang saja, banyak yang memanfaatkan internet sebagai tempat menulis dan berekspresi ataupun sebagai ladang untuk menghasilkan uang, salah satunya dilakukan melalui Blog/Website.
Sebagai orang milenial jaman Now, khususnya bagi kita yang suka menulis dan yang masih pemula dalam bidang blogger, kita perlu mengenal istilah-istilah penting dalam blog agar kita dapat memahami serta menambah wawasan kita tentang blog, dan juga agar kita mampu mengelola blog kita dengan baik dan benar.

1. AdSense = program penayangan iklan yang dimiliki oleh Google. Kamu dapat mendaftarkan blog kamu sebagai publisher/penerbit AdSense dengan syarat dan persetujuan tertentu. Dengan menjadi publisher AdSense, kamu akan dibayar oleh Google dari setiap iklan yang diklik oleh pengunjung, sistem ini sering disebut dengan Pay Per Click (PPC).

2. Alexa Rank = peringkat yang diberikan oleh situs Alexa.com kepada setiap situs web atau blog. Jika semakin banyak pengunjung yang berdatangan ke web atau blog tersebut, maka semakin meningkat pula peringkat Alexa Ranknya.

3. Anchor Text = rangkaian teks atau kalimat yang berisi link didalamnya. Ini juga merupakan faktor penting dalam meningkatkan SEO blog kita.

4. Arsip = gadget Blogger/Blogspot yang menampilkan artikel terbaru dan lawas yang disusun berdasarkan hari, tanggal, bulan, dan tahun.

5. ATOM = sistem berlangganan feed yang merupakan alternatif dari RSS. ATOM memungkinkan untuk mendapat update konten atau informasi terbaru sebuah web atau blog.

6. Backlink = Sebuah link yang berasal dari luar yang mengarah ke blog kita. Semakin banyak backlink yang didapat, semakin meningkat pula SEO blog kita.

7. Blog = singkatan dari Web log yang merupakan sebuah halaman situs web online yang berisi tulisan-tulisan atau catatan-catatan yang disusun berdasarkan tanggal dan waktu.

8. Blogger = mengandung dua pengertian, diantaranya adalah sebutan bagi pemilik blog atau seseorang yang mengelola blog, dan juga platform blog yang dimiliki dan dikelola oleh Google.

9. Blogging = segala kegiatan atau aktivitas seorang blogger dalam dunia blog. Blogging ini juga sering disebut dengan Ngeblog.

10. Blogspot = merupakan fasilitas atau layanan blog gratis milik Google. Blogspot ini juga merupakan sebuah subdomain yang dipakai dalam blog yang didaftar secara gratis, dengan format .blogspot.com.

11. Blogwalking = kegiatan jalan-jalan di blog orang lain dengan tujuan untuk menanamkan backlink dengan meninggalkan jejak berupa komentar yang disematkan link didalamnya.

12. CSS = singkatan dari Cascading Style Sheet yang merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyusun gaya atau tampilan sebuah halaman web atau blog. CSS ini mengatur komponen-komponen dalam blog agar lebih terstruktur dan seragam.

13. Domain = sebuah nama yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah situs web atau blog pada jaringan Internet, seperti www.kuliahkomputer.com, www.blogger.com, www.detik.com, dan lain sebagainya. Domain mempunyai cabang yang disebut dengan subdomain, contohnya adalah blog ini yang memiliki subdomain blogspot.

14. Direktori Blog = situs blog yang berisikan banyak link website atau blog yang memungkinkan blog tersebut mendapat backlink yang berkualitas dari direktori blog ini. Direktori blog ini dipecah menjadi beberapa kategori untuk memudahkan mencari sebuah blog dengan menggunakan kata kunci.

15. Favicon = singkatan dari Favorite Icon, yang merupakan istilah untuk menyebut ikon sebuah situs web atau blog. Biasanya ikon ini muncul pada tab browser atau address bar browser. Favicon ini dibuat dan ditampilkan layaknya sebuah logo.

16. Feed = istilah untuk fitur yang berguna bagi pengguna Internet untuk berlangganan pada suatu konten atau artikel dalam blog. Feed terbagi menjadi dua, yakni ATOM dan RSS.

17. Followers = sebutan untuk seseorang yang mengikuti sebuah blog dengan menggunakan fitur Follower, dengan ini memungkinkan untuk mengetahui informasi terbaru dari blog yang difollow.

18. Footer = bagian yang terletak di paling bawah halaman blog. Footer ini biasanya diisi dengan berbagai widget ataupun atribut credit dari web atau blog itu sendiri.

19. Gadget = sekumpulan elemen atau fitur-fitur gratis yang sudah disediakan oleh pihak Blogger/Blogspot kepada para penggunanya.

20. Header = bagian yang terletak di paling atas halaman blog. Header ini biasanya menampilkan nama atau logo sebuah blog.

21. HomePage = beranda atau halaman utama sebuah web atau blog.

22. Hosting = server dalam komputer yang digunakan untuk menyimpan file sebuah situs web. Istilah ini juga digunakan sebagai tempat atau jasa internet untuk membuat sebuah halaman website secara online agar bisa diakses oleh orang lain.

23. HTML = singkatan dari HyperText Markup Language, yang merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web atau blog, biasanya berisi sekumpulan perintah sebagai sebuah tampilan dengan format tertentu.

24. JavaScript = bahasa pemrograman yang disusun sedemikian rupa untuk membangun sebuah halaman web atau blog agar terlihat hidup, biasanya lebih menonjol kepada sebuah objek-objek tertentu.

25. jQuery = sebuah library JavaScript yang sangat ringkas dan sederhana untuk memanipulasi komponen dalam dokumen HTML.

26. Keyword = memiliki pengertian yaitu Kata Kunci. Seperti yang kita ketahui, keyword ini merupakan susunan kata yang diinput ke dalam sebuah mesin pencari atau search engine. Misalnya kamu mengetikkan di Google dengan kata kunci "Tips dan Trik Android".

27. Label = merupakan kategori yang digunakan untuk mengelompokkan suatu artikel dalam blog yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Label ini memudahkan kita untuk mencari sebuah artikel dalam halaman blog dengan topik atau bahasan tertentu.

28. Laman = fitur dalam Blogger/Blogspot yang memungkinkan untuk mempublikasikan informasi statis yang ditampilkan dalam halaman blog dan muncul tersendiri menjadi sebuah menu.

29. Link = merupakan URL yang terdapat pada sebuah teks atau gambar.

30. Meta Tag = susunan kode HTML yang berguna untuk mendeskripsikan sebuah halaman web atau blog kepada mesin pencari agar memudahkan pengindeksan halaman web atau blog tersebut. Meta Tag yang paling dasar biasanya berisi tentang deskripsi dan keyword sebuah blog.

31. Niche Blog = istilah untuk menyebutkan topik atau pokok yang dibahas dalam sebuah situs web atau blog. Contohnya seperti blog yang membahas tentang blog, software, games, android, dan lain sebagainya.

32. PageRank = sebuah perhitungan matematika (algoritma) untuk memberikan peringkat terhadap sebuah halaman web atau blog. Cara memeringkatnya dilakukan dengan melihat seberapa berkualitas web atau blog tersebut dalam mesin pencari, seperti Google. Nilai PageRank berkisar antara 0 hingga 10. Jika nilai PageRank semakin tinggi, maka semakin akan semakin bagus pula web atau blog tersebut.

33. Pageview = sistem perhitungan tentang banyaknya halaman yang diklik, dilihat dan dibaca oleh pengunjung blog. Istilah lebih dikaitkan dengan statistik sebuah blog, dimana setiap satu pengunjung yang datang ke sebuah blog akan dihitung dan dimasukkan ke dalam data pengunjung yang disebut dengan Pageview.

34. PHP = singkatan dari Hypertext Preprocessor, merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang dalam HTML. PHP ini digunakan untuk membangun sebuah halaman web yang lebih dinamis dan cepat.

35. PING = singkatan dari Packet Internet Gopher, yang merupakan tool jaringan yang digunakan untuk mengecek alamat tertentu dalam Internet. Dalam dunia blog, istilah ini diartikan sebagai kegiatan mengirimkan/memberitahukan kepada server/mesin pencari tentang update terbaru mengenai konten artikel blog tersebut.

36. Plugin = sebuah program aplikasi yang dibuat untuk menambahkan fungsi tambahan untuk memperkaya fitur dalam website tersebut. Istilah ini sering digunakan dalam situs Wordpress.

37. RSS = singkatan dari Really Simple Syndication, yang merupakan format yang digunakan untuk berlangganan pada sebuah halaman web atau blog. Dengan menggunakan fitur ini, memungkinkan kita untuk mendapat informasi terbaru mengenai konten artikel sebuah web atau blog yang diupdate secara berkala.

38. Search Engine = mesin pencari yang berguna untuk pengguna Internet dalam mencari berbagai informasi dengan memasukkan kata kunci, dan nantinya akan lebih mengarah kepada situs web atau blog. Ada banyak situs-situs search engine, yang kini kita kenal adalah Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya.

39. SEO = singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu suatu usaha untuk mengoptimalkan sebuah web atau blog dalam mesin pencari atau search engine, seperti Google, yang dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik tertentu.

40. SERP = singkatan dari Search Engine Result Page, yang merupakan istilah untuk sebuah halaman hasil pencarian pada situs search engine atau mesin pencari. Contohnya, jika kamu mengetikkan sebuah kata kunci di Google, maka yang akan tampil setelahnya adalah SERP atau halaman mesin pencari.

41. Sidebar = Kolom-kolom yang berisi elemen atau gadget/widget blog tertentu yang ditampilkan pada sisi blog.

42. Social Bookmark = situs yang digunakan untuk submit atau mengirimkan sebuah link web atau blog, melalui akun yang telah didaftarkan. Dengan melakukan submit, maka akan memungkinkan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dan juga ditambah dengan datangnya pengunjung dengan informasi yang kita berikan pada situs Social Bookmark. Ada banyak situs-situs Social bookmark yang terkenal, antara lain Digg, Delicious, Slashdot, StumbleUpon, dan masih banyak lagi yang lainnya.

43. Social Network = dapat diartikan sebagai situs jejaring sosial dalam Internet. Situs jejaring sosial yang paling populer antara lain yang kita kenal yaitu Facebook, Twitter, Google+, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan situs jejaring sosial, kita dapat share konten blog kita, seperti dalam grup atau komunitas, sebagai sarana berbagi dan blogwalking antar sesama blogger. 

44. SPAM = lebih menonjol kepada komentar dalam web atau blog yang dipublikasikan dan semata-semata hanya untuk mengharapkan backlink dan komentar tersebut sama sekali tidak ada keterkaitan dengan isi postingan yang dibahas.

45. Subscriber = sebutan untuk orang yang berlangganan kepada sebuah halaman web atau blog di Internet, baik itu berlangganan melalui feed maupun email.

46. Template = Rangkaian pola atau desain dalam sebuah blog. Fungsi dari Template ini tidak lain adalah untuk mengatur tampilan blog.

47. Traffic = orang-orang yang mengunjungi blog kita atau yang biasa disebut sebagai Pengunjung.

48. URL = singkatan dari Uniform Resource Locator, yang merupakan serangkaian karakter yang disusun dengan format dan standar tertentu, untuk menampilkan alamat link web atau blog, seperti http://ciptoblues.blogspot.com atau kuliahkomputer.com.

49. Unique Visitor = pengunjung web atau blog yang datang dengan menggunakan IP yang berbeda. Informasi mengenai unique visitor ini biasanya selalu ditampilkan dalam statistik blog atau website.

50. XML = singkatan dari eXtebsible Markup Language, yang merupakan format teks yang diturunkan oleh SGML yang berguna untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan fitur RSS.

Itulah beberapa Istilah-istilah Penting dalam Blog yang perlu sobat blogger pahami dan pelajari. Diatas merupakan sebagiannya saja dari sekian banyaknya Istilah dalam Blog.
Semoga bermanfaat.
Istilah dasar dalam dunia blog Istilah dasar dalam dunia blog Reviewed by Redaksi on Senin, September 03, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.