Perbandingan Kualitas Jasa Kurir Pengiriman Online


Dari beberapa kali penjualan dan pembelian di bbrp marketplace online, saya pernah pake beberapa Kurir dibawah ini :
1. POS
Ini kurir favorit kantong cekak sebelum ada Wahana. Maklum pengiriman dari Jawa ( dimana banyak supplier disana ) ke Kalimantan mahal uiy...
Sekarang? Ongkir via POS entah mengapa jadi ikutan mahal, bahkan beberapa produk yang pernah saya order, pake POS khusus lebih mahal dari JNE reguler, dengan estimasi waktu kedatangan yang sama.
Satu lagi yang kurang dari POS adalah kemasan barangnya. Barang kiriman tidak dikemas dalam plastik seperti mayoritas kurir yang saya bahas disini.
Soal pengiriman dari POS ke rumah, ini masih lambat. Saya pernah cek barang sudah sampai di kantor POS tapi butuh waktu 4-5 hari untuk diantar ke rumah.
2. JNE
Nah ini kurir sejuta umat, kabarnya JNE paling diuntungkan dengan adanya pertumbuhan ecommerce di Indonesia. Layanannya standar saja, kemasan dengan plastik tambahan. tarif kiriman juga rata tengah. Cuma kiriman dari Jawa, mau pake yang paket reguler, ekonomis, atau yang paket 1 hari nyampe, kalo ke kalimantan hampir ga ada bedanya. Rata-rata 3 hari semua.
Untuk pengiriman barang ke rumah, biasanya butuh waktu tambahan 2-3 hari, itu sebabnya saya ga betah dan langsung ngelonyor ke kantornya jika di tracking barang sudah masuk. Cuma ini khusus di daerah saya lho ya, karena layanannya beda2 per cabang.
3. TIKI
Ini kantornya paling dekat dari rumah (sebelum J&T buka kantor baru disini). Harga, layanan, kualitas sama seperti JNE. Hanya catatan soal pengiriman ke rumah, karena rumah saya masuk wilayah kabupaten banjar sementara kantor paling dekat masuk wilayah banjarbaru, jadi kurirnya suka bingung sendiri. Dikirim ke kantor kab banjar itu malah kejauhan, diantar sendiri itu bukan wilayahnya, alhasil beberapa kali barang nyangkut di kantor sub agen.
4. J&T
Saya cukup pesimis ketika J&T buka layanan. Pertama karena saingannya sangat senior, Kedua karena kantornya jauh, Ketiga karena harga kirim dari Jawa mahal. Tapi setelah cukup ekspansi di mana-mana, layanannya membaik. Di sekitar rumah saya aja ada 2 kantor agennya. Layanannya bisa jemput ke rumah.
Hal yang cukup mengejutkan, memang ongkir dari jawa ke kalimantan paling mahal, selisih dikit ama JNE/TIKI, itupun banyak promosi diskon ongkir, jadi ya samalah kayak yang dua itu, tapi kiriman dari Kalimantan ke Jawa lebih murah dibanding yang lain ( kecuali ama Wahana )
Layanan packing dll sama seperti JNE. Hal positif lainnya soal kecepatan antar, 3 hari ya 3 hari, barang nyampe langsung diantar. Trackingnya paling detail dibanding yang lain, mulai dari terima barang di sub agen mana, sampai siapa nama 'sprinter' yang ngirim ke rumah kita.
5. Wahana
Nah ini kurir favorit saya karena murah, cuma 15rb/kg dari seluruh wilayah indonesia dan 13rb/kg khusus dari wilayah jatim. Wahana ini kualitasnya angin-anginan. Contoh kiriman dari Surabaya, bisa 2 hari nyampe lho... padahal pake paket biasa, benar2 the flash. Tapi... kiriman dari Jakarta kadang 1minggu - 10 hari baru nyampe. Pokoknya 'Sabar Menanti' aja dah, namanya juga Pak Eko ( Paket Ekonomis, mashoook pak eko...!!! )
Hal yang kurang lainnya adalah packing dan tracking. Packing sama kayak POS, tidak ada kemasan plastik tambahan. Soal tracking ini yang sering bikin mumet. Bayangkan, isinya trackingnya cuma 'Dikirim ke Kota Tujuan', apa ga puyeng tuh.
Kesimpulan
----
Banyak pilihan kurir di marketplace, bahkan selain yang saya sebutkan diatas. Cuma karena posisi saya di Kalimantan Selatan, jadi agak2 terbatas mau pilih kurir. Wahana adalah favorit saya khusus untuk masalah ongkir, rata2 saya pake ini untuk order barang dari Jawa. Soal lamanya pengiriman dan packing, ga masalah. Harap maklum karena terkompensasi dengan harga. Perkuat sendiri aja packingnya.
Jika perlu pengiriman cepat, maka saya rekomendasikan J&T. Ketepatan waktunya bagus dan packing juga oke. Soal harga ya anggap rata2 sama dengan kurir pada umumnya, malah bisa lebih murah karena J&T masih jor2an promosi Gratis Ongkir. Kalo kepepet waktu dan butuh segera digunakan, saya pake J&T, apalagi untuk pengiriman ke Jawa.
Tentunya opini diatas sebatas pengiriman barang2 eceran kecil2an yang umum, biasanya produk konsumer atau end user yang diorder via marketplace. Bukan pengiriman barang grosir gede2an. Jadi saya tidak membandingkan dengan ekspedisi kapal laut atau dengan layanan semacam JNE Truck.
Disclaimer : ini sekedar share pengalaman pribadi, bukan menilai secara keseluruhan. Hanya khusus layanan di wilayah saya saja, bisa jadi ditempat lain beda. Dan saya bukan endorser, jadi tidak ada hubungan bisnis dengan kurir2 diatas.
Sumber:
https://www.facebook.com/1559044557/posts/10216787163582292/

No comments for "Perbandingan Kualitas Jasa Kurir Pengiriman Online"