Pengertian atau Definisi Erratum dan Corrigendum dalam Tatakelola Jurnal Ilmiah

Policy and best practice: errata & corrigenda


Untuk keperluan dokumen ini, istilah Editor mencakup semua variasi judul Editor dan terbatas pada mereka yang memiliki tanggung jawab penerimaan akhir. 

Changes/Additions to accepted articles

Semua konten artikel yang dipublikasikan tunduk pada proses tinjauan editorial, yang diselenggarakan oleh dan di bawah naungan Editor. Jika penulis ingin menambahkan artikel mereka setelah diterima, mereka harus mengajukan permintaan Editor dan konten baru akan ditinjau.

    
Jika materi baru adalah tambahan untuk artikel yang diterima, itu harus diajukan untuk peer review sebagai naskah baru, merujuk kembali ke aslinya;
    
Jika materi baru harus menggantikan konten asli dari artikel yang diterima, Editor dapat mempertimbangkan publikasi dari sebuah Erratum atau Corrigendum.

Erratum

Suatu erratum mengacu pada koreksi kesalahan yang diperkenalkan ke artikel oleh penerbit.Semua perubahan yang diperkenalkan penerbit disorot ke penulis pada tahap pembuktian dan kesalahan apa pun secara ideal diidentifikasi oleh penulis dan dikoreksi oleh penerbit sebelum publikasi akhir.

Corrigendum

Sebuah corrigendum mengacu pada perubahan pada artikel mereka yang penulis ingin publikasikan setiap saat setelah penerimaan. Penulis harus menghubungi Editor jurnal, yang akan menentukan dampak perubahan dan memutuskan tindakan yang tepat. Elsevier hanya akan memicu corrigendum ke artikel yang diterbitkan setelah menerima persetujuan dan instruksi dari Editor.

Beberapa Contoh Erratum-Corrigendum:

Springerlink: http://link.springer.com/article/10.1057/fr.2016.1
Springerlink: https://link.springer.com/article/10.1007/s11746-010-1570-5 [PDF]
BCREC Journal: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/bcrec/article/view/7136
Trends in Cognitive Sciences: http://dx.doi.org/10.1016/j.tics.2008.03.001

Catatan Penting:

Tidak boleh menghilangkan dokumen aslinya.

Sumber:
Sumber: https://www.elsevier.com/editors/perk/policy-and-best-practice-errata-And-corrigenda
Sumber Lain:  5ΘΈ_12 (Handout)How to write errata, corrigendum, and retraction-Jocelyn Graf.pdf
https://blog.bcrec.web.id/2017/03/03/pengertian-atau-definisi-erratum-dan-corrigendum-dalam-tatakelola-jurnal-ilmiah/


Pengertian atau Definisi Erratum dan Corrigendum dalam Tatakelola Jurnal Ilmiah Pengertian atau Definisi Erratum dan Corrigendum dalam Tatakelola Jurnal Ilmiah Reviewed by Redaksi on Selasa, Oktober 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.