Mahasiswa Fresh Graduate atau Baru Lulus akan Diberikan NPWP



Kemenristekdikti memiliki wacana untuk memberikan kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) kepada mahasiswa yang baru saja lulus. Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan, hal ini perlu dilakukan agar potensi pajak dari generasi muda (Mahasiswa Fresh Graduate) bisa terserap.

"Saya sudah sampaikan kepada para rektor yang menjadi bagian negara yang wajib bangun negara. Kami punya mahasiswa 7 juta. Setiap tahun lulus 1,8 juta, ini adalah potensi pajak," ucap Mohamad Nasir, Jumat (9/11).

Saat ini pun, lanjutnya, materi belajar pajak tidak hanya terbatas pada Fakultas Ekonomi atau Fakultas Hukum. Materi umum pembelajaran soal pajak sudah diperkenalkan di Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran. Namun, pembelajaran itu belum merata.

Beliau juga mengatakan, akan menambah mata kuliah perpajakan sebagai Mata Kuliah Umum (MKU) dengan muatan 10 SKS. Sehingga, calon pekerja yang masih berada di perguruan tinggi negeri sudah 'melek' pajak. "Sehingga masalah perpajakan bisa in building dalam mata kuliah, sehingga bisa di-blend dalam satu sistem yang terkait di semua bidang ilmu," ujarnya.

Hal ini tentu membutuhkan riset. Dalam riset, Mohamad Nasir mengusulkan ke Presiden bahwa lembaga riset Indonesia sangat besar dengan total anggaran Rp24,9 triliun. Sayangnya, yang menjadi riset hanya Rp10,9 triliun. Untuk itu kalau bisa disatukan, menurutnya, akan jadi lebih baik dan efisien.

"Sehingga kalau ini bisa masuk, dan sekaligus dia keluar saat wisuda dia sekaligus menerima kartu NPWP itu akan bagus sekali. Satu sisi pembelajaran harus dilanjutkan, di sisi lain ini harus ditindaklanjuti." pungkasnya.

Sumber:
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4294307/mahasiswa-akan-diwajibkan-punya-npwp
https://katadata.co.id/berita/2018/11/09/tiap-tahun-18-juta-mahasiswa-yang-diwisuda-akan-langsung-dapat-npwp

No comments for "Mahasiswa Fresh Graduate atau Baru Lulus akan Diberikan NPWP"