Tata Cara Akses Direktori dengan Spasi pada Terminal Linux

Bagi pengguna Linux, terminal atau dalam OS Jendela "CMD" merupakan tempat favorit karena setiap akses installasi atau menjalankan program paling sering dikunjungi, baik untuk instalasi program ataupun melakukan update program atau OS. Meskipun sudah tersedia aplikasi yang menampilakan GUI untuk mempermudah user dalam menggunakan Linux, namun menurut pendapat pribadi masih lebih efisien dan mantab menggunakan terminal.

Beberapa pertanyaan yang banyak dikeluhkan oelh pemula adalah "Kenapa diterminal tidak bisa/kesulitan masuk pada folder yang terdapat karakter spasi", hal ini akan terlihat jika kita mengakses direktori yang menggunakan spasi pada Linux dengan menggunakan terminal contoh kita ingin mengakses direktori "Pemrograman Mobile".


Kita tidak akan bisa mengakses/masuk pada direktori "Pemrograman Mobile" diterminal hanya dengan mengetikan

$ cd Pemrograman Mobile

jika kita mengetikan itu pada terminal maka yang kana dibaca hanya kata pertama dari direktori saja, maka terminal akan memunculkan pesan error seperti berikut


bash: cd: Pemrograman: No such file or directory
"Apakah benar terminal Linux tidak bisa membaca karakter spasi?" Kalau begitu agak aneh ya Linux ngak bisa baca spasi. Ehhh tunggu dulu, Linux bisa ngebaca karakter spasi namun ada sedikit trik khusus untuk membaca karakter spasi pada Linux.

Pada terminal Linux jika kita ingin mengakses direktori yang menggunakan spasi maka ketika mengetikkan diterminal kita perlu menambahkan karakter \ setelah kata pertama baru diikuti dengan spasi dan kata kedua.

"Pusing ya,,?" Ok langsung praktek saja, berikut contoh ketika akan akses direktori "Pemrograman Mobile". Caranya buka terminal dan ketikkan
$ cd Pemrograman\ Mobile/

Nah sekarang kita sudah bisa mengakses direktori Pemrograman Mobile, jadi mudah kan, Semoga bermanfaat☺.

No comments for "Tata Cara Akses Direktori dengan Spasi pada Terminal Linux"