Tata Cara membuat profile Google Scholar Lengkap

Google Scholar adalah sebuah mesin pencarian publikasi ilmiah seperti artikel jurnal, artikel prosiding, buku, skripsi/tesis/desertasi, dan sebagainya. Beberapa fiturnya mendukung para peneliti dalam proses desiminasi hasil penelitian yang telah dipublikasikan. Lebih dari itu, Google Scholar dapat membantu dosen, mahasiswa, peneliti untuk mengevaluasi dan melihat siapa yang telah mensitasi artikelnya.

Langkah 1: Membuat Profil
1. Log in menggunakan akun Google anda ke laman https://scholar.google.com, kemudian klik “Sign in”. jika anda belum mempunyai akun Gmail, silahkan klik “Create account


2. Klik Profil saya, akan muncul tampilan seperti dibawah ini

3. Masukan informasi anda yang meliputi, afiliasi/universitas, alamat e-mail (sebaiknya menggunakan e-mail unpkediri.ac.id), bidang dan keahlian, serta URL homepage universitas. Jika telah selesai klik “Berikutnya”. Hasilnya seperti tampilan dibawah ini


Langkah 2: Masukkan artikel kedalam profil Google Scholar
1. Ketik nama anda pada pilihan “Add article groups” dan “Add article manually”
2. Pilihlah artikel anda yang telah dipublikasikan

3. Akan muncul seperi tampilan seperti dibawah ini

Langkah 3: Memperbarui profil 
Terdapat 2 (dua) cara untuk memperbarui profil Google Scholar, yakni secara otomatis atau secara manual. Pilihlah metode otomatis agar profil anda diperbarui secara otomatis. Namun, anda harus memeriksa secara berkala profil Google Scholar anda, karena bisa saja artikel yang dimasukkan secara otomatis bukan artikel yang anda publikasikan.

Terdapat informasi dalam profil Google Scholar, diantaranya adalah:
Citation: Jumlah seberapa banyak artikel yang disitasi
h-index:  Artikel  sejumlah  h  yang  setidaknya  telah  disitasi  sejumlah  h.  Misalnya  h-index=6 (enam), artinya telah ada 6 artikel yang disitasi sebanyak 6 publikasi lainnya.
i-10  index: Jumlah  publikasi  peneliti  masing-masing  artikel  yang  telah  disitasi  sebanyak  10 (sepuluh) kali

Contohnya seperti gambar dibawah ini:


1 comment for "Tata Cara membuat profile Google Scholar Lengkap"

Post a Comment