cara memasang ads.txt di blog

Google telah memberlakukan aturan baru bagi publisher atau penayang iklan di website. Tidak sedikit publisher yang diminta mengaktifkan ads.txt-nya jika tak ingin kehilangan penghasilan, seperti pada blog saya.

Langkah Google Adsense ini merupakan cara melindungi pengiklan dan penayang iklan. Untuk menghindari permasalahan iklan AdSense tidak muncul di blog, kita perlu menambahkan code iklan ads untuk mengaktifkan Ads.txt pada blogger.
Caranya silakan ikut langkah-langkah di bawah ini :
  • Login ke “blogger” > “Setelan” > “Preferensi penelusuran” > Pada bagian “ads.txt kustom” isi dengan ads.txt berikut:
    google.com, pub-0000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
    Kode tersebut merupakan informasi tiga data yang penting. Field pertama, Google.com adalah nama domian untuk sistem periklanan. Karena penyedia jasa Adsense dibuat oleh Google maka hal ini diletakkan paling awal.

    Field kedua ID akun penayangan. Karena bicaranya Adsense, maka ID Penayangan Adsense yang dimasukkan. Nomornya harus sama persis dengan yang tertera di dashboard Adsense milik kalian. Kalau punya saluran lain seperti DoubleClick for Publishers atau Ad Exchange, silahkan masukan masing-masing.

    Field ketiga format kerjasamanya. Atau hubungan dengan ID akun tersebut. Ada dua jenis yang bisa digunakan, 'DIRECT' dan 'RESELLER'. Direct khusus untuk penayang iklan yang bekerjasama dengan sistem periklanan langsung. Seperti Google Adsense.


  • Ganti yang berwarna merah dengan ID Akun AdSense milik sobat
  • ID Akun AdSense bisa dilihat pada URL dashboard AdSense.


  • Jangan lupa klik “Simpan Perubahan
  • Setelah mengaktifkan file Ads.txt biasanya iklan AdSensenya menjadi blank/tidak muncul. Silakan ditunggu saja 1x24jam sampai iklannya muncul kembali.

No comments for "cara memasang ads.txt di blog"