cara merubah upload file ojs


Open journal system atau yang kita sering kenal dengan OJS merupakan CMS atau conten yang gratis yang digunakan untuk keperluan publikasi karya ilmiah secara online. Terdapat beberapa kendala saat berhadapan dengan OJS. Pada ulasan kali ini saya akan membahas bagaimana jika terjadi error seperti pada gambar diatas yaitu File size error.

Pada standarnya ojs mengatur berbagai pembatasan. Namun tidak mengatur pada bab file yang akan diupload maupun batasan file yang diupload. Error ketika kita upload sebuah file ke OJS dan muncul seperti tampilan diatas merupakan error dikarenakan kita mengupload diluar batasan maksimal yang ditentukan oleh server bukan oleh OJS.

Bagaimana langkah nya...

Hal yang perlu diketahui yaitu sebuah server atau bagi orang awam menyebutnya hosting memiliki default setting yaitu sebesar 2M. Jadi ketika kita upload file lebih besar dari 2M maka akan terdapat tulisan File size error. 

Seting pada server atau hosting kita bisa perbaiki dengan merubah setting php.ini pada server atau hosting kita. Ketika sudah menemukan setingan atau file php.ini maka cari baris berikut:
php_value upload_max_filesize 10M
php_value post_max_size 10M
Silahkan diganti sesuai kebutuhan. Setelah dirubah file php.ini kemudian save dan lakukan uji upload file lagi.

Langkah merubah maksimal upload size file pada php pada file php.ini merupakan cara yang diperbolehkan, namun cara tersebut kurang disarankan. Maksudnya kita merupah setingan ke seluruh file web yang ada di server atau hosting kita. Jika terdapat aplikasi web lainnya maka setingan tersebut juga akan berpengaruh.

Namun pada ulasan ini saya juga membahas bagaimana cara merubah maksimal upload size file tanpa merubah setingan php.ini. Solusinya dengan menggunakan bantuan file .htaccess. File .htaccess tidak akan berpengaruh pada aplikasi web yang lainnya dan ketika kita pindah server atau hosting  tidak perlu merubah seting default pada php ini, dikarenakan setingan terdapat pada direktori web kita yang tersimpan di .htaccess.

Berikut Tahapannya :
Kita buat file .htaccess pada direktori utama web kita sejajar dengan file index.php, jika sudah ada silahkan dibuka file tersebut
Selanjutnya ketikan kode berikut ini di dalam file tersebut :
php_value upload_max_filesize 10M
php_value post_max_size 10M
Note : untuk nilai 10M bisa kita tentukan sesuai dengan kebutuhan

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara merubah upload file ojs, semoga bermanfaat.
cara merubah upload file ojs cara merubah upload file ojs Reviewed by Kuliahkomputer on Tuesday, July 30, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.