Pedoman PAK Dosen dan DUPAK 2019


Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen (PAK 2019) ini merupakan penyempurnaan dari versi 2014. Munculmya PAK ini ditujukan untuk menguatkan upaya peningkatan mutu dosen perguruan tinggi melalui publikasi karya ilmiahnya, termasuk karya ilmiah prestisius dan luar biasa. 

PAK 2019 ini rencanaya akan diimplementasikan pada bulan april 2019. Kira-kira apa perubahan yang signifikan. berikut ini ulasannya:

Pada bagian angka kredit tidak terjadi perubahan, seperti pada gambar dibawah ini


Pada bagian wewenang dan tanggung jawab dapat dilihat pada gambar dibawah ini


Pada tabel diatas tertera bahwa kualifikasi magister tidak dapat mengajar pada prodi strata s2.  dan juga ditekankan bahwa Dosen CPNS atau dosen tetap non PNS di PTN atau dosen tetap Yayasan, yang belum memiliki jabatan akademik(Jagung) dapat membantu dalam proses pembelajaran di Perguruan Tinggi dalam Program Studi Diploma/Sarjana dan angka kreditnya dapat digunakan untuk pengangkatan pertama dalam jabatan akademik. Dosen memang harus mempunyai jabatan fungsional untuk membimbing laporan akhir seperti tertera pada gambar dibawah ini 

Pada bidang karya ilmiah ada beberapa perubahan berikut diantaranya mengenai publikasi

Pengajuan Jabatan akademik asisten ahli dan lektor masih dibebankan jurnal skala nasioanal berpredikan sinta. Untuk Lektor kepala magister harus memiliki jurnal internasional bukan prosiding internasional. Brikut skema loncat jabatan akademik seperti pada gambar dibawah ini


Karya Ilmiah sebagaimana pada tabel 6a dan tabel 6b di atas, yang digunakan sebagai pemenuhan persyaratan khusus kenaikan jabatan akademik mencakup karya ilmiah pada jurnal internasional dan internasional bereputasi wajib dilakukan uji kemiripan, misalnya menggunakan fasilitas perangkat lunak seperti ithenticate, turnitin, atau yang lainnya. dan menyampaikan hasil uji kemiripan pada dokumen usulan PAK Online Kemenristekdikti.

Bila hasil uji kemiripan melebihi 25% (duapuluh lima persen) terhadap 1 (satu) dokumen/primary source (tidak termasuk daftar pustaka, kemiripan kalimat yang kurang dari 3% (tiga persen)), maka peer review secara subtansi harus memberikan pendapat ada tidaknya indikasi plagiasi. 

Nilai KUM publikasi juga ada perubahan, berikut nilainya


Pada gambar diatas nilai untu jurnal internasional, pada gambar dibawah untuk jurnal nasinal. 


Usahakan publish dijurnal bersinta ya. Untuk nilai prosiding seperti gambar dibawah ini.
Prosiding berscopus seperti gambar diatas, dan prosiding non scopus seperti dibawah. 

Ada beberapa kententuan bagi dosen yang publikasi saat tugas belajar atau ijin belajar, seperti berikut:

Karya Ilmiah yang dipublikasikan/diterbitkan di jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional selama pendidikan sekolah (tugas/izin belajar S2 dan atau S3) yang merupakan sintesis dari disertasi/tesis diakui dan dapat dipergunakan untuk kenaikan jabatan/pangkat setelah selesai pendidikan sekolah, tetapi tidak dapat untuk pemenuhan syarat khusus.

Ada juga status kum bagi jurnal spesial issue atau edisi khusus

Publikasi pada jurnal internasional edisi khusus/reguler atau jurnal ilmiah nasional terakreditasi edisi khusus/reguler yang memuat artikel yang disajikan dalam sebuah seminar/simposium/lokakarya dapat dinilai sama dengan jurnal edisi reguler namun tidak dapat digunakan untuk memenuhi syarat khusus publikasi ilmiah kenaikan jabatan akademik. Karya ilmiah yang diterbitkan pada edisi khusus tersebut di atas harus diproses seperti pada penerbitan reguler dan memenuhi syarat-syarat karya ilmiah.

Bagi pengelola jurnal dan mitra bertasi ada sedikit penghargaan, berikut nilai kumnya pada bidang pengabdian masyarakat


sementara hanya itu yang dapat saya ulas, untuk lengkapnya dapat dilihat dibawah ini



Bagi yang menginginkan dupak terbaru 2019 bisa komentar dan menulis email di kolom komentar.

Semoga bermanfaat. 


Baca juga
Pedoman PAK Dosen dan DUPAK 2019 Pedoman PAK Dosen dan DUPAK 2019 Reviewed by Kuliahkomputer on Thursday, July 04, 2019 Rating: 5

10 comments:

Powered by Blogger.