Mengatasi this is incompatible with sql_mode=only_full_group_by pada MySQL


Ketika kita melakukan query di mysql kita mendapatkan error seperti pada gambar diatas. Kurang lebih jika dijalankan menggunakan phpMyadmin akan keluar error "this is incompatible with sql_mode=only_full_group_by". Kasus yang saya alami pada CMS Perpustakaan Slims 8. Pada menu Pustakawan tidak dapat menampilkan halaman laporan pengunjung setiap hari seperti pada gambar dibawah ini:

Error dapat diketahui melalui log pada PHP. Log yang muncul seperi berikut:
[Wed Oct 02 18:13:43.480066 2019] [:error] [pid 3459] [client 192.168.50.2:58914] PHP Fatal error:  Call to a member function fetch_row() on boolean in /home/elibrary/web/elibrary.domain.cc/public_html/admin/modules/reporting/customs/visitor_report_day.php on line 131, referer: https://elibrary.domain.cc/admin/index.php
Letak permasalahannya Pada file visitor_report_day.php pada baris 131
Error terletak pada query visitor. Query sebagai berikut:
SELECT SUBSTRING(`checkin_date`, 9, 2) AS `mdate`, COUNT(visitor_id) AS `vtotal` FROM `visitor_count` WHERE `checkin_date` LIKE '$selected_year-$selected_month%' GROUP BY DATE(`checkin_date`)
Ketika kita jalankan pada PHPMyAdmin tampilannya seperti berikut:
Masalah terjadi dikarenakan menggunakan alias dua kali yaitu pada saat membuat alias mdate dan vtotal. Untuk mengatasi masalah tersebut kita memerlukan konfigurasi pada sisi mysql server.

Cara melakukan konfigurasi dengan merubah file my.cnf yang berada pada direktori /etc/mysql pada linux ubuntu. Lakukan edit menggunakan perintah nano:
sudo nano /etc/mysql/my.cnf
Kemudian tambahkan script berikut ini
sql_mode = STRICT_TRANS_TABLES,NO_ZERO_IN_DATE,NO_ZERO_DATE,ERROR_FOR_DIVISION_BY_ZERO,NO_AUTO_CREATE_USER,NO_ENGINE_SUBSTITUTION 

Kemudian save dengan menekan ctrl+o dan ctrl+x. Setelah melakukan save konfigurasi lakukan restart pada mysql server, seperti berikut ini:
sudo service mysql restart
Kemudian jalankan kembali query atau lihat aplikasi apakah sudah berjalan dengan normal.



Sebagai tambahan jika pada sistem operasi jendela file konfigurasi pada C:/xampp/mysql/bin/ file konfigurasi my.cnf atau my.ini.

Semoga Bermanfaat

No comments for "Mengatasi this is incompatible with sql_mode=only_full_group_by pada MySQL"