Cara Mengatasi Deceptive site ahead pada wordpress


Kaget rasanya ketika website yang kita kelola muncul peringatan "The site ahead contains harmful programs Error" atau "Deceptive site ahead". Pengringatan tersebut sering terjadi pada CMS diantaranya pada website WordPress. Hal tersebut menandakan website anda diserang dengan menggunakan malware.

Langkah yang kita lakukan dengan memperbaiki website salah satunya dengan restore backup yang kita miliki, pastinya sudah dibackup ya website kita. Kalau belum ya memerlukan proses yang cukup lama karena kita harus mencari satu persatu malware tersebut.

Ketika kita sudah melakukan perbaikan disisi website kita tapi kok masih terlihat tampilan merah tersebut????

Jawabannya adalah karena kita menggunakan browser yang terhubung dengan google safe browsing.  Google melindungi kita dari website yang tercemar hacker yang masuk melalui malware. Google ingin melindungi pengunjung website dengan menampilkan  peringatan tersebut.

Langkah pertama ketika kita sudah memperbaiki website kita adalah melakukan pelaporan pada google. Kita dapat melakukan dengan menggunakan google webmaster tools https://search.google.com/search-console/about. Tampilannya seperti berikut:

Daftarkan website kita ke google search console.

Tambahkan Properti 

Masukkan Alamat website kita yang terkena blokir
Lakukan verifikasi, ada beberapa opsi mulai copy script atau upload file

Kemudaian akan muncul masalah, kemudian selesaikan masalah tersebut dengan memberikan komentar bahwa situs kita tidak ada masalah virus, malware, phising, dsb
Waktu yang dibutuhkan saat pelaporan 1-7hari.

Ketika berhasil kita akan mendapatkan emai seperti berikut:

tunggu beberapa saat mudah mudahan berhasil kita cek web saya....


Ketika pelaporan website kita akan tetap tidak dapat diakses menggunakan browser chrome atau yang lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut langkah sementara yang dilakuka yaitu dengn mengkonfigurasi browser kita:

Tekan titik tiga vertikan pada pojok kanan atas website kita. Kemudian klik Settings
Tekan advanced pada bagian paling bawah di halaman settings

Pada bagian Privacy and Security klik sync and Google services
Matikan Safev Browsing..
Silahkan akses kembali website anda.

Semoga bermanfaat

Cara Mengatasi Deceptive site ahead pada wordpress Cara Mengatasi Deceptive site ahead pada wordpress Reviewed by Kuliahkomputer on Wednesday, November 06, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.