Cara mengedit File Hosts di Windows 10

Apa itu host, simplenya dengan menggunakan host kita dapat mengalihkan alamat ip atau website hanya pada komputer kita. Contoh mudahnya jika pernah install xampp maka ketika kita akses pada web browser maka bisa kita ketikkan localhost. Nama localhost itu juga kita bisa rubah sesuai dengan nama yang kita inginkan.  Hal lain yang bisa dilakukan yaitu memblokir spyware ataupun iklan dengan mengarahkan IP domainnya ke 0.0.0.0, atau bahkan memblokir server update sebuah software yang tidak ingin diupdate.

Hal yang sering dipakai yaitu melakukan migrasi server lokal dari xampp local ke server hosting maupun vps. Bantuan perubahan host ini tidak akan banyak merubah konfigurasi nantinya jika website kita dionline kan. Alasan lain melakukan perubahan host sebenarnya masih banyak, silahkan dicari sendiri ya. Pada artikel ini saya akan jelaskan cara edit file Hosts di Windows 10 dengan cepat dan mudah.

Cara Edit File Hosts pada Windows

Untuk mengedit file Hosts di Windows 10, caranya cukup mudah. Kita tinggal ketikkan saja Notepad di kolom pencarian Windows. Setelah itu klik kanan > Run as Administrator.

Setelah itu di Notepad, klik File > Open > dan browse ke
C:\Windows\System32\Drivers\etc\
Disini mungkin kamu tidak menemukan apapun, karena itu persis di samping kanan kolom File name, pilih All Files.

Begitu berbagai file didalamnya terlihat, pilih file Hosts > Open


Nah sekarang kamu tinggal arahkan saja domain yang kamu inginkan ke IP yang kamu inginkan, dengan format — IP tab Domain. Jadi misal domain kuliahkomputer.com ingin saya arahkan ke IP server baru (misal ip localhost) yaitu 127.0.0.1, maka saya tinggal isikan saja:
127.0.0.0 kuliahkomputer.com
Jika sudah, simpan dengan menekan CTRL + S.

Terakhir, kamu tinggal flush DNS agar perubahan tersebut langsung bisa dirasakan.
Ketikkan CMD di kolom pencarian Windows > klik kanan > Run as administrator.

Lalu jalankan command berikut ini, dan tekan Enter.

ipconfig /flushdns
Jika sudah, kamu bisa cek dengan ping domain tersebut, dan akan terarah ke IP yang kamu inginkan.
ping kuliahkomputer.com

Selesai.
Cara mengedit File Hosts di Windows 10 Cara mengedit File Hosts di Windows 10 Reviewed by Kuliahkomputer on Tuesday, December 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.