Cara mengetahui ukuran file dan folder linux ubuntu


Mode text linux merupakan mode yang powerfull. Bagi pengguna pemula saat masuk pada mode text mengkin sedikit kebingungan karena sedikit perinah dasar linux yang masih dikuasai. Jika ingin memahami beberapa perintah dasar silahkan menuju ke halaman berikut http://www.kuliahkomputer.com/2019/09/perintah-dasar-linux-ubuntu.html.

Sekarang kita pelajari dengan perintah awal yaitu mengecek kapasitas harddisk kita dengan perintah :
$ df -h
Hasil perintah tersebut seperti berikut:

Pada tampilan diatas muncul kapasitas setiap partisi derektori contoh partisi "/" dengan ukuran sebesar 70G partisi digunakan sebesar 23%.

Perintah selanjutnya untuk mengecek kapasitas folder dengan perintah
$ du -sh [nama folder] atau $ du -ch [nama folder] | grep total
Hasil perintah sebagai berikut
Pada tampilan diatas akan muncul kapasitas folder Mega sebesar 22G. Perintah du -ch juga dapat digunakan untuk mengetahui kapasitas seluruh file yang ada dalam sebuah folder dengan menggunakan perintah 
$ du -ch [nama folder]
Perintah lain untuk mengetahui besar file dengan perintah berikut:
$ ls -lh [nama folder] atau $ ls -lh [nama file]
Pata tampilan diatas dengan perintah ls -lh dengan obyek folder makan akan muncul seluruh isi file beserta informasi bersaran ukuran file tersebut, namun jika target file maka informasi ukuran file muncul hanya file tersebut.

Semoga bermanfaat
Cara mengetahui ukuran file dan folder linux ubuntu Cara mengetahui ukuran file dan folder linux ubuntu Reviewed by Kuliahkomputer on Sunday, December 08, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.