Cara mencari driver windows yang cocok

Saat kita mlekukan installasi windows terkadang kita menemukan beberapa driver yang kurang pas dengan laptop kita. Kurang lengkap driver menjadikan laptop kita berjalan tidak sempurna maka semua driver harus terinstall dengan benar. 

Jika terjadi masalah seperti itu, maka kita harus mencari dan menginstall sendiri driver yang tepada dengan browsing ria di google. Bagaimana caranya mencari dengan tepat? Berikut ini tutorialnya

Cara menemukan driver yang cocok di Windows
1. Buka Device Manager
Langkah pertama dalah buka program Device Manager pada windows yang kita gunakan. Device Manager merupakan alat yang berfungsi untuk mengelola semua driver yang ada di Windows. Caranya bisa dengan klik pada tombol Start > ketik Device Manager > pilih aplikasi Device Manager atau klik kanan pada my computer pilih device manager.

2. Melihat driver yang belum diinstall

Setelah aplikasi Device Manager terbuka, kita akan melihat daftar devices yang ada pada komputer. Yang perlu kita lakukan adalah menemukan perangkat yang belum terinstall atau bermasalah drivernya. Device yang drivernya belum terinstall biasanya bernama Unknown device, sedangkan driver yang bermasalah akan memiliki tanda seru berwarna kuning.

3. Klik kanan pada driver
Selanjutnya klik kanan pada device tersebut, Pilih Properties
5. Copy hardware id dari perangkat

Pada Properties, klik pada tab Details. Setelah itu lihat pada bagian Property, pilih pada Hardware Ids kemudian klik kanan pada baris kode yang pertama dan pilih Copy.
PCI\VEN_10EC&DEV_8176
6. Temukan driver yang cocok secara online

Setelah mendapatkan hardware id dari perangkat yang ingin dipasang drivernya maka langkah selanjutnya adalah mencari driver yang cocok secara online. kita bisa download dari salah satu situs berikut ini:
http://driverpacks.net/
https://driverscollection.com/
http://deviceinbox.com/

Pada contoh kali ini menggunakan situs driverpacks.net, maka langkah pertama adalah buka dulu situs tersebut dengan menggunakan browser. Pada kolom pencarian paste kode hardware id kemudian klik driver yang muncul atau tekan tombol Find .
Setelah itu driver yang sesuai dengan hardware id akan muncul, selanjutnya Anda bisa download driver tersebut.
Setelah menemukan driver yang cocok, selanjutnya kita bisa install driver tersebut ke komputer seperti biasa.

Selesai

No comments for "Cara mencari driver windows yang cocok"

Berlangganan via Email