Cara melihat versi Open Jurnal System (OJS)

Pada tulisan kali ini saya akan memberikan cara melihat versi ojs dari berbagai sisi atau cara. Versi OJS perlu kita ketahui salah satunya untuk melakukan installasi plugin OJS termasuk Tema. Banyak pengguna OJS hanya mengetahui sedikit cara untuk melihat versi OJS. 

Cara melihat versi OJS sangat mudah dilakukan. Setidaknya ada tiga cara untuk melihat versi OJS yang kita gunakan saat ini.

1. Melihat kode html dari halaman utama OJS

Dengan cara ini kita tidak perlu login ke OJS sebagai administrator atau metode ini dapat digunakan meskipun kita tidak memiliki akun di sistem OJS atau mendaftar terlebih dahulu kedalam OJS tersebut. Cara ini cukup mudah ketika kita melihat sebuah OJS terlihat bagus kita bisa melihat versi OJS tanpa masuk kedalam SISTEM.

Langkah untuk mengetahuinya dengan mengunjungi situs jurnal OJS menggunakan komputer/Laptop kemudian tekan kombinasi tombol Ctrl + U pada keyboard. Cara ini akan menampilkan banyak kode pada halaman index OJS kemudian anda bisa menekan kombinasi tombol Ctrl+S dan ketik “generator” tanpa tanda petik. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.


Perhatikan pada baris

<meta name="generator" content="Open Journal System 3.2.1.1">


jurnal tersebut menunjukkan bahwa versi yang digunakan adalah OJS 3.2.1.1

2. Melihat Melalui OJS Administrator

Dengan cara ini, Anda diharuskan memiliki akun sebagai administrator dan masuk ke OJS kemudian mengakses menu Sistem. Cara ini hanya bisa dilihat ketika kita memiliki akses administrator.

Langkah mengetahui dengan masuk pada menu "Administrator"

Akses Tautan Informasi Sistem :


Dengan cara ini kita juga  dapat memeriksa informasi lengkap mengenai versi OJS kita termasuk riwayat pembaruan yang telah dilakukan pada OJS.


3. Menggunakan Akses Server perintah Linux

Cara ini kita merupakan cara dengan akses tertinggi. Kita harus memiliki akses server dengan akses ssh ke ojs. Metode ini akan memeriksa semua versi kode dan versi database. Kita harus login kedalam server ita melalui SSH dan masuk kedalam direktori OJS Anda di server kemudian Anda dapat mengetikkan perintah ini:

php tools/upgrade.php check


Semoga Bermanfaat.

Terimakasih

No comments for "Cara melihat versi Open Jurnal System (OJS)"