Menambahkan Badge PlumX OJS 3

Pada tutorial kali ini saya akan membagikan cara menambahkan PlumX badge pada jurnal, khususnya pada OJS 3 semua versi. Sebelumnya jika belum mengetahui PlumX anda dapat melihat pada situs PlumX yaitu About PlumX Metrics - Plum Analytics


PlumX Metrics merupakan situs yang dapat berinteraksi dengan hasil penelitian individu (artikel, prosiding konferensi, bab buku, dan banyak lagi) yang dapat diaskes secara online. Contohnya termasuk, ketika penelitian disebutkan dalam berita atau di-tweet. Secara kolektif dikenal sebagai Metrik PlumX, metrik ini dibagi menjadi lima kategori untuk membantu memahami sejumlah besar data yang terlibat dan untuk memungkinkan analisis dengan membandingkan suka dengan suka. PlumX mengumpulkan dan menyatukan metrik penelitian yang sesuai untuk semua jenis hasil penelitian ilmiah. Lima Kategori PlumX sebagai berikut: 

Kutipan – Ini adalah kategori yang berisi indeks kutipan tradisional seperti Scopus, serta kutipan yang membantu menunjukkan dampak sosial seperti Kutipan Klinis atau Kebijakan.

Penggunaan – Cara untuk memberi sinyal jika ada yang membaca artikel atau menggunakan penelitian. Penggunaan adalah nomor satu peneliti statistik ingin tahu setelah kutipan.

Menangkap – Menunjukkan bahwa seseorang ingin kembali bekerja. Tangkapan dapat menjadi indikator utama kutipan di masa mendatang.

Mentions – Pengukuran aktivitas seperti artikel berita atau posting blog tentang penelitian. Menyebutkan adalah cara untuk memberi tahu bahwa orang-orang benar-benar terlibat dengan penelitian.

Media sosial -Kategori ini mencakup tweet, suka Facebook, dll. yang merujuk pada penelitian. Media Sosial dapat membantu mengukur “buzz” dan perhatian. Media sosial juga dapat menjadi ukuran yang baik tentang seberapa baik bagian tertentu dari penelitian telah dipromosikan.

Beberapa contoh integrasi PlumX PlumX - Perancangan Active Database System pada Sistem Informasi Pelayanan Harga Pasar


Langkah yang dilakukan yaitu kita menuju cpanel atau file manager server kita.

Pastikan kita sudah mendaftarkan institusi anda memiliki doi Aktif, karena sebetulnya ini produk berbayar, namun jika anda jurnal yang open access, mereka membolehkan pakai, syarat ketentuan berlaku. 

Kita cari file yang bernama article_details.tpl, letaknya pada

/templates/frontend/objects/article_details.tpl

cari dengan ctrl+f kata kunci {if $article->getDatePublished()}

Masukkan script berikut diatas kanta kunci diatas
<div class="item published">
	<section class="sub_item">
		<h2 class="label">PlumX Metrics</h2>
      <div class="value">
			<span><script async src="//cdn.plu.mx/widget-popup.js"></script><a href="https://plu.mx/plum/a/?doi={$pubId|escape}" class="plumx-plum-print-popup plum-liberty-theme" data-popup="bottom" data-badge="true"></a></span>
			</div>
	</section>
</div>
Kemudian Save. 


Semoga Bermanfaat

No comments for "Menambahkan Badge PlumX OJS 3"