Cara Mengirim Artikel Ke Jurnal Imliah


Open Journal Systems (OJS) adalah solusi open source untuk mengelola dan menerbitkan jurnal ilmiah secara online. OJS adalah sistem pengelolaan dan penerbitan jurnal editor yang sangat fleksibel yang dapat diunduh secara gratis dan diinstal pada server Web lokal. Ini telah dirancang untuk mengurangi waktu dan energi yang dikhususkan untuk tugas-tugas administrasi dan manajerial yang terkait dengan mengedit jurnal, sambil meningkatkan pencatatan dan efisiensi proses editorial. Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penerbitan jurnal ilmiah dan publik melalui sejumlah inovasi, dari membuat kebijakan jurnal lebih transparan untuk meningkatkan pengindeksan.
 
Berikut ini tutorial cara submit ke jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah yang digunakan sebagai tutorial menggunakan CMS jurnal OJS(Open Journal System) Versi 3.

Langkah pertama megunjungi jurnal ilmiah, pada tutorial ini submit ke jurnal INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi.

 Kemudia klik Make a Submission. Pada halaman tersebut akan muncul persiapan mengirimkan artikel, jika sudah memiliki user silahkan langsung login. apabila belum klik register.

Langkah selanjutnya adalah registrasi, liahat gambar dibawah ini
Registrasinya menggunakan Orcid id, untuk tutorial silahkan klik disini. Isilah seluruh data dengan lengkap.
Setelah itu login dengan username(bukan email) dan password yang telah ditentukan saat registrasi.
Untuk memulai mengirim artikel klik New Submission
Akan muncul halaman seperti diatas dan dibawah ini
Pahamilah Copyright dan centang persetujuan copyright, pilih bahasa artikel ilmiah, pilih section (kategori/tema) artikel, Pahami dan centang seluruh Submission requirements, jika ada pesan khusu untuk editor silahkan tulis. selanjutnya tahap upload artikel, lihat proses seperti gambar dibawah ini
Upload artikel sesuai dengan template yang telah disediakan dihalaman depan. Upload artikel dengan extensi doc,docx,odt, atau rft.
Tahapan kedua telah selesai seperti terlihat pada gambar diatas, sekarang lanjut ke metadata artikel. kelengkapan metadata artikel menentukan jurnal anda terindex atau tidaknya.
Isilah seluruh kelengkapan metadata, tanda metadata yang benar adalah ada boladunia akan berwana hijau, jika masih berwarna merah berarti belum lengkap. Isilah Judul sesuai bahasa yang digunakan dalam kedua isian judul, untuk isian yang lain seperti abtrak, daftar pustaka, keyword isilah dalam bahasa inggris. Pastikan seluruh autor terdaftar dalam jurnal. selanjutnya ketahap empat seperti gambar dibawah ini.
Klik tombol  Finish submission. 
Pengiriman artikel telah selesai, anda dapat memantau artikel dihalan depan.





Semoga benmanfaat.


Cara Mengirim Artikel Ke Jurnal Imliah Cara Mengirim Artikel Ke Jurnal Imliah Reviewed by Redaksi on Sabtu, Juli 21, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.