Jenis artikel pada jurnal ilmiah



Artikel dalam jurnal ilmiah tidak hanya seputar artikel ilmiah pada umumnya. Ada banyak jenis artikel yg diterbitkan. Berikut beberapa jenis artikel dalam jurnal ilmiah:

1. Original article/ original research
Berupa artikel pada umumnya yang diterbitkan oleh jurnal ilmiah. Menjelaskan informasi baru yang didasarkan pada hasil  penelitian yang telah dilakukan dan didukung dengan analsis statistik. Konten artikel ini disesuaikan dengan berbagai bidang studi yang berbeda-beda. Konten berupa: pendahuluan, metode, hasil, dan diskusi.

2. Short report / letters/ brief communication.
Berupa ringkasan hasil data sebuah penelitian. Memiliki format yang sangat ringkas sehingga penjabaran secara detail tidak dicantumkan pada artikel ini.

3. Review
Berupa ringkasan konprehensif dari banyak penelitian. Tidak menjelaskan hasil suatu penelitian, namun merangkum dari berbagai artikel pada topik tertentu dan menjadikan  satu narasi.  Biasanya artikel review ditulis oleh pakar pada bidang tertentu setelah mendapatkan undangan menulis dari editor suatu jurnal. Umumnya artikel review memiliki sekitar 100 artikel penelitian yang disitasi.

4. Case study
Menjelaskan fenomena yang unik dan menarik. Tujuannya adalah untuk menggugah peneliti bahwa akan ada fenomena unik yang akan terjadi. Biasanya artikel ini digunakan dalam bidang kedokteran untuk melaporkan fenomena yang belum diketahui pada masa lampau atau munculnya patologi baru.

5. Methodology
Menyajikan penemuan metode eksperimen atau prosedur penelitian yang baru. Metode yang dijelaskan dapat berupa metode baru atau metode lama dengan versi yang lebih baik.
Jenis artikel pada jurnal ilmiah Jenis artikel pada jurnal ilmiah Reviewed by Kuliahkomputer on Sunday, January 26, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.